Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian, Polri Pantau Akun Warganet

Kamis, 29 Maret 2018 - 21:14 WIB
Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian, Polri Pantau Akun Warganet
Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian, Polri Pantau Akun Warganet
A A A
JAKARTA - Polri terus memantau aktivitas netizen di media sosial untuk mencegah penyebaran hoaks dan ujaran kebencian. Polisi punya teknik mendeteksi hoaks itu lewat sejumlah kata yang berkaitan isu sensitif.

Demikian disampaikan Kombes Pol Sri Suari Wahyu dari Divisi Humas Polri dalam sebuah diskusi yang digelar Perhimpunan Indonesia Thionghoa (INTI) di kantornya MGK Kemayoran Office Tower B, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (29/3/2018).

Diskusi ini dihadiri Wakil Sekretaris Jenderal Inti Fernando Yohanes, Anggota DPR RI Masinton Pasaribu, Wakil Ketua AMPI DKI Jakarta Benny Sijabat, Direktur NU Online Savic Ali beserta Ketua DPP GMNI Robaytullah Kusuma Jaya.

"Caranya, ketika ada akun Facebook, instagram ataupun grup apapun ada kalimat-kalimat yang nyerempet kami pantau," kata Juru bicara Divisi Humas Polri Kombes Sri Suari Wahyuni diskusi dengan tema ancaman hoaks dan Ujaran Kebencian Bagi Persatuan Dan Kesatuan Bangsa ini.

Kemudian Sri menjelaskan, bahwa pemilik akun yang terpantau itu akan dibina. Penegakan hukum dilakukan jika pemilik akun itu kembali terpantau menyebar hoaks.

"Lakukan pembinaan, bila tetap lagi akan dilakukan penegakan hukum. Mau dia katanya dia di Jakarta di mana kami bisa lacak. Kalau teknologi itu gampang dilacak, dunia ini kayak dalam sebuah aquarium," ucap Sri.

Selain itu, edukasi literasi kepada masyarakat juga menjadi salah satu cara mencegah hoaks. Menurut Sri, peran masyarakat diperlukan dalam memberantas hoaks.

"Karena kejahatan itu adalah bayangan-bayang peradaban manusia dan kejahatan tumbuh hidup dan terjadi di tengah masyarakat. Masyarakat adalah pelaku dan korban. Jadi, tanpa keterlibatan masyarakat itu akan mustahil," imbuh Sri

Menurut Sri, Jenderal Tito Karnavian juga memprediksi hoaks akan marak sejak sebelum dilantik jadi Kapolri. Setelah dilantik, Tito disebut berkomitmen mengantisipasi dengan membangun pasukan siber dan manajemen media.

"Jadi, Pak Kapolri semenjak beliau naik ketika melakukan fit and propertest di DPR mengatakan manajemen media sebagai misi utamanya. Beliau sudah meramalkan ini (produksi hoaks) akan terjadi dan benar, belum satu tahun beliau jadi Kapolri dan sudah terjadi," kata Sri.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1623 seconds (0.1#10.140)