Kronologi Dua Anggota TNI Ditangkap Polisi Malaysia

Senin, 26 Maret 2018 - 21:50 WIB
Kronologi Dua Anggota TNI Ditangkap Polisi Malaysia
Kronologi Dua Anggota TNI Ditangkap Polisi Malaysia
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya membebaskan terkait ditahannya dua anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) oleh Polis Diraja Malaysia (PDRM) pada Jumat 23 Maret 2018.

Dua anggota TNI itu merupakan anggota Pos Sei Saparan Satuan Setingkat Kompi (SSK) II Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) 642/Kapuas oleh PDRM atau Ibu Pejabat Polis Daerah (IPD), di daerah Lundu, Serawak, Malaysia.

Kepala Penerangan Daerah Militer XII/Tanjung Pura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti
menjelaskan kronologi peristiwa penahanan dua anggota TNI tersebut yakni Kopral Dua M Rizal dan Prajurit Kepala Subur Arianto.

Berikut kronologinya, seperti dijelaskan Tri Rana dalam siaran pers, Senin (26/3/2018).

- Benar pada Rabu 21 Maret 2018, Danpos Sei Saparan SSK II Satgas Pamtas Yonif 642/Kps an. Sertu Abiyulsani mendapat perintah dari Dan SSK II Satgas Pamtas Yonif 642/Kps an. Kapten Inf Suyitno untuk melaksanakan pengendapan di jalur pelolosan (jalan tikus) patok D. 699/11 mulai dari tanggal 22 s/d 24 Maret 2018.

- Benar pada Kamis 22 Maret 2018 sekira pukul 22.30 WIB Danpos Sei Saparan an. Sertu Abiyulsani mengumpulkan seluruh anggotanya di pos penjagaan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps untuk melaksanakan briefing dan pembagian tugas dalam rangka pengendapan di wilayah perbatasan.

Adapun pembagian tugas oleh Danpos Sei Saparan bahwa Danpos bersama Pratu Eka Satria melaksanakan pengendapan di sektor jalur pelolosan (jalan tikus) simpang 4 jalan Divisi Kebun Sawit PT Ledo Lestari Semunying dan Kopda M Rizal bersama Praka Subur Arianto diperintahkan oleh Danpos Sei Saparan melaksanakan pengendapan di sektor jalur pelolosan (jalan tikus) patok D. 699/11 atau pintu portal kebun sawit Malaysia (PT. Rimbunan Hijau), sedangkan sisa anggota pos standby berada di Pos Sei Saparan dipimpin oleh Wadanpos.

- Pada Kamis 22 Maret 2018 sekira pukul 23.00 WIB Danpos Sei Saparan bersama 3 orang anggotanya berangkat dari pos menuju sektor pengendapan masing-masing yang sudah dibagi sektornya, dan sebelum berangkat Danpos Sei Saparan memerintahkan kepada seluruh anggotanya bila ada hal-hal menonjol agar segera laporan.

- Pada Jumat 23 Maret sekira pukul 05.00 WIB Danpos Sei Saparan menghubungi Kopda M Rizal yang berada di sektor jalur pelolosan (jalan tikus) patok D. 699/11 atau pintu portal kebun sawit Malaysia (PT. Rimbunan Hijau) via Telepon, namun HP yang bersangkutan tidak dapat dihubungi, kemudian Danpos Sei Saparan menghubungi Wadanpos an. Serda Ozy Karisma Putra yang standby berada di Pos via telephon apakah Kopda M. Rizal dan Praka Subur Arianto sudah kembali ke Pos, namun dijawab oleh Wadanpos bahwa Kopda M. Rizal dan Praka Subur Arianto belum kembali ke Pos sampai dengan sekarang.

- Kemudian Jumat 23 Maret sekira pukul 05.15 WIB Danpos Sei Saparan bersama Pratu Eka Satria mengambil keputusan untuk berangkat menuju sektor jalur pelolosan (jalan tikus) patok D. 699/11 atau pintu portal kebun sawit Malaysia (PT. Rimbunan Hijau), akan tetapi setelah tiba di lokasi Kopda M. Rizal dan Praka Subur Arianto tidak berada di tempat.

- Jumat 23 Maret sekira pukul 05.40 WIB di dekat portal tersebut Danpos Sei Saparan bertemu dengan karyawan kebun sawit Malaysia PT. Rimbunan Hijau an. Bapak Poiman, umur 37 Tahun, agama Islam, pekerjaan buruh kebun, alamat Barak PT. Rimbunan Hijau dan menanyakan kepada yang bersangkutan apakah ada melihat Askar TNI di sekitar perkebunan sawit PT. Rimbunan Hijau.

Kemudian dijawab oleh Bapak Poiman bahwa tadi ada melihat sekitar pukul 06.30 WITA (Waktu Malaysia) Askar TNI bertemu dengan PDRM.

- Sekira pukul 07.00 WIB Danpos Sei Saparan melaporkan kejadian tersebut kepada Dan SSK II Satgas Pamtas Yonif 642/Kps an. Kapten Inf Suyitno bahwa 2 orang anggota Pos Sei Saparan an. Kopda M. Rizal dan Praka Subur Arianto belum kembali ke Pos dan tidak berada di lokasi pengendapan sektor jalur pelolosan (jalan tikus) patok D. 699/11 atau pintu portal kebun sawit Malaysia (PT Rimbunan Hijau).

- Sekira pukul 07.56 WIB Dansatgas Yonif 642/Kps an. Letkol Inf Faisal Amri, menghubungi Dan SSK II via telephon bahwa Dansatgas mendapat informasi dari Danyon TDM RAMD 11 bahwa 2 orang anggota TNI ditahan PDRM dan posisinya di Kantor PDRM wilayah Lundu.

- Benar adanya dua anggota Satgas Pamtas Yonif 642/Kps ditahan oleh PDRM saat melaksanakan pengendapan yang posisi atau titik pengendapan sudah masuk di wilayah Malaysia tanpa disadari oleh kedua anggota TNI tersebut.

Saat bertemu dengan PDRM, ke dua anggota Satgas Pamtas Yonif 642/Kps ditahan karena PDRM mengklaim kedua prajurit TNI tersebut sudah melanggar dan masuk wilayah Malaysia.

"Langkah yang sudah dilaksanakan adalah melaporkan kejadian tersebut ke Komando Atas dan berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal RI serta ILO RI di Kuching Serawak Malaysia untuk kelanjutan proses pemulangan kedua Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 642/Kps. Demikian informasi sekaligus klarifikasi," ungkap Tri Rana Subekti.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6685 seconds (0.1#10.140)