HUT RI, Forum Eksponen 98 Doa Bersama di Patung Jenderal Sudirman

Kamis, 17 Agustus 2017 - 13:20 WIB
HUT RI, Forum Eksponen...
HUT RI, Forum Eksponen 98 Doa Bersama di Patung Jenderal Sudirman
A A A
JAKARTA - Puluhan orang dari Forum Eksponen 98 mendatangi Patung Jenderal Sudirman di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 72.

Kedatangan mereka untuk mendoakan para pahlawan bangsa yang telah gugur merebut kemerdekaan RI. Dengan membawa bendera merah putih mereka mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

"Kita hadir di sini dalam rangka HUT RI ke-72. Mendoakan para pahlawan yang telah gugur," kata Dondi Rivaldi yang bertindak sebagai inspektur upacara, Kamis (17/8/2017).

Menurutnya, peran pahlawan dalam merebut kemerdekaan jangan dilupakan begitu saja. Mereka berjuang sampai titik darah penghabisan, sehingga perlu untuk mendoakannya.

"Ini sebagai simbol bahwa kami anak muda tidak lupa dengan perjuangan Jenderal Sudirman dan pahlawan lainnya," ungkapnya.

Sementara Juru Bicara (Jubir) Forum Eksponen 98, Ucok mengatakan, aksi ini adalah simbol perayaan 72 Tahun Indonesia merdeka. "Cita-cita pahlawan harus tetap kita relungkan dalam hati dan prilaku," ujarnya.

Negara ini kata Ucok, harus merdeka dari semua lini. Baik itu kemiskinan maupun perekonomian. "Kita harus merdeka. Jangan kita terus tertindas. Sebagai anak muda, kita harus meneruskan perjuangan para pahlawan kita," ujarnya.

Aksi di patung Sudirman ini kata Ucok, karena sosok beliau merupakan jenderal besar sekaligus kiai. Sehingga layak kita mendoakannya. "Indonesia lahir karena perjuangan dan doa, bukan karena politik atau hadiah. Sehingga ketokohan Sudirman ini harus kita teladani," ujarnya.

Eksponen 98 juga turut mendukung Aksi 171717 yang digagas oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Menurut Dondi, aksi ini dinilai sebagai bentuk gerakan yang bisa mempersatukan seluruh rakyat Indonesia tanpa melihat suku, budaya dan agama.

"Kami mendukung penuh aksi ini. Bagi kami, kegiatan ini sangat positif di tengah integritas bangsa yang mulai terkoyak," kata Dondi

Dihubungi terpisah, Aktivis 98 asal Universitas Trisakti Dedi Aryanto atau akrab disapa Bang UU menilai, aksi ini bagus untuk pendekatan TNI dengan rakyat. Karena memang pasca Pilkada DKI kemarin terlihat ada jarak di antara aparat dengan rakyat.

"Ini sangat bagus, semoga apa yang dilakukan Panglima TNI ini contoh lembaga lain," ujar Bang UU.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0353 seconds (0.1#10.140)