Amankan Pilpres 2019, PDIP Desak Segera Reshuffle Kabinet

Jum'at, 14 Juli 2017 - 14:58 WIB
Amankan Pilpres 2019,...
Amankan Pilpres 2019, PDIP Desak Segera Reshuffle Kabinet
A A A
JAKARTA - Isu reshuffle atau perombakan kabinet kembali mencuat. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) TB Hasanuddin mengingatkan, reshuffle kali ini sangat menentukan.

Dia meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar menggunakan momentum reshuffle ini sebagai upaya konsolidasi. Menurutnya, Jokowi harus tegas terhadap partai-partai yang tidak sejalan dengan pemerintah.

"Daripada jadi duri dalam daging, mending terus terang saja membuat garis, siapa yang akan dihadapi dalam Pilpres 2019. Reshuffle ini harus dilakukan bulan Juli ini, atau tidak sama sekali," kata TB Hasanuddin dalam siaran pers, Jumat (14/7/2017).

Dia menambahkan, kabinet hasil reshuffle nanti harus menjadi kabinet yang solid serta komitmen membuat program pro-rakyat. Sementara komposisi kabinet sendiri harus mewujudkan komposisi yang proporsional.

"Di saat yang sama, Presiden Joko Widodo harus memilih berdasarkan kesetiaan dan loyalitas," ungkapnya.

(Baca juga: Pengamat Sebut Reshuffle Kabinet Akan Evaluasi Bidang Hukum)

Menurutnya, wacana reshuffle kali ini harus dibaca pemerintah sebagai bagian dari proses persiapan Pilpres 2019. "Kegagalan dalam membuat keputusan akan berpengaruh terhadap konstelasi politik yang akan datang," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)