HT: Bangun Lumajang Menjadi Pilar Ekonomi

Kamis, 23 Maret 2017 - 01:19 WIB
HT: Bangun Lumajang Menjadi Pilar Ekonomi
HT: Bangun Lumajang Menjadi Pilar Ekonomi
A A A
LUMAJANG - Kabupaten Lumajang harus dibangun menjadi pilar ekonomi agar tumbuh mandiri. Dengan memajukan daerah, maka dapat memberikan kontribusi yang besar ke pusat.

“APBD Lumajang Rp2,1 Triliun, 90% subsidi pusat. Lumajang harus dibangun jadi pilar ekonomi, tak disubsidi, tapi berkontribusi ke pusat,” kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) saat melantik 205 DPRt di Kabupaten Lumajang, Rabu (22/3/2017).

Dia menuturkan Lumajang merupakan potret dari daerah lainnya. Selama ini daerah-daerah bergantung pada subsidi pusat. Seharusnya, daerah dimajukan agar bisa meningkat perekonomiannya dan bisa memberikan kontribusi ke pusat.

“Kalau setiap daerah diemong, berkembang maju menjadi pilar ekonomi. Indonesia akan lari lebih cepat menjadi negara maju,” ungkap HT

Untuk membangun daerah, langkah pertama yang harus dilaksanakan adalah membangun masyarakatnya. “Semua mau maju, tapi tidak bisa berjalan sendiri, harus ada keberpihakan,” tegasnya

HT memberi contoh untuk usaha mikro kecil dan menengah misalnya, keberpihakan bisa dilakukan dengan memberikan akses pada modal murah, pelatihan, dan proteksi. Untuk pertanian dibantu baik teknologi, kepemilikan lahan juga akses terhadap modal untuk menggarap lahannya.

“Membangun masyarakat juga membangun pendidikan dan lapangan kerjanya. Dengan membangun masyarakatnya maju, daerah tersebut akan maju. Dengan begitu masyarakat kecil bisa lebih cepat naik kelas,” katanya.

Membangun daerah, lanjut HT, juga harus memetakan dengan tepat apa yang bisa menjadi kekuatan ekonomi di daerah tersebut. “Pendapatan Lumajang harus ditingkatkan. Maksimalkan kekuatan ekonominya, pertambangan, perkebunan, pertanian, pariwisata,” kata HT

Waki Bupati Lumajang Buntaran Supriyanto menyambut kedatangan ketua umum partai berlambang rajawali dengan penuh suka cita. Menurut dia, kiprah Partai Perindo sudah terasa di masyarakat Lumajang.

Buntaran berharap Perindo dapat membuat dinamika perpolitikan lumajang semakin bagus, lebih kondusif. “Meskipun masih seumur jagung, namun apa yang telah dilakukan Partai Perindo sudah nyata di sini, misalnya untuk pembinaan UMKM,” ungkapnya.

Ketua DPW Partai Perindo Jawa Timur, Muhammad Mirdasy, menyatakan siap melaksanakan visi misi Partai Perindo di Kabupaten Lumajang untuk menjadikan Lumajang lebih sejahtera dan makmur. Mirdasy menghimbau kepada seluruh kader untuk menjadikan Partai Perindo sebagai parpol yang dicintai masyarakat.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7571 seconds (0.1#10.140)