Alasan Sofa Minimalis Banyak Diminati

Senin, 30 Januari 2017 - 22:29 WIB
Alasan Sofa Minimalis Banyak Diminati
Alasan Sofa Minimalis Banyak Diminati
A A A
JAKARTA - Pemilihan perlengkapan yang tepat untuk menghiasi ruangan dalam rumah perlu diperhatikan dengan seksama. Apalagi, bila ruangan di rumah kamu berukuran kecil. Jika memilih furnitur yang kurang tepat, bisa jadi ruangan akan terlihat sempit.

Interior Designer Consultant, Budiyanto menjelaskan, ketika ingin merasa nyaman di rumah sendiri, mengapa tidak mencoba untuk membeli sofa minimalis . Menurutnya, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum mulai memilih dan membelinya.

Desain minimalis sedang menjadi tren belakangan ini, sofa yang menganut desain simpel dalam rancangannya. Tidak berlebih-lebihan, tetapi tetap enak dipandang. Selain itu, sofa minimalis biasanya fungsional alias serbaguna.

"Kamu dapat menempatkan sofa jenis ini di sudut kamar tidur, di pojok ruang tamu, atau di tengah ruang keluarga," kata Budiyanto dalam siaran pers, Senin (30/1/2017).

Budiyanto mengungkapkan, ada ragam bahan material dalam sofa minimalis, seperti rangka sofa minimalis, dapat berupa rangka besi maupun rangka kayu. Rangka besi memiliki kelebihan sangat kuat, tetapi kekurangannya adalah akan berkarat apabila tidak rajin dirawat atau dibersihkan.

"Kemudian pegas sofa, pegas digunakan sebagai penahan pada dudukan dan sandaran sofa. Di dalam proses pembuatan, pegas disatukan dengan rangka sofa. Nah, saat sofa diduduki pegas berfungsi untuk menahan berat tubuh orang yang duduk tersebut. Sementara ada 2 jenis pegas yang biasa dipakai, yaitu per dan webbing," ucapnya.

Materi selanjutnya sambung Budiyanto, dudukan sofa dibuat dari foam atau busa. Bantalan atau dudukan sofa ini dipasang di atas per tadi supaya sofa semakin nyaman untuk diduduki.

Diakuinya, sofa yang kualitasnya bagus adalah sofa yang dudukannya tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk, sehingga daya pantulnya seimbang.

Selanjutnya sandaran, ini termasuk bahan material yang menentukan nyaman tidaknya suatu sofa. Ada berbagai macam jenis bahan pembuat sandaran, contohnya bulu angsa, busa, atau sandaran dakron.

"Ada juga pelapis sofa atau upholstery menjadi salah satu kunci keindahan sofa minimalis. Bahan pelapis ini beragam jenisnya, mulai dari kain, kulit, kulit sintesis, hingga poliester," ungkap Budiyanto.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada berbagai jenis sofa minimalis dengan tersedia dalam beragam jenis dan harganya. Seperti sofa single seater, yang hanya muat untuk diduduki oleh satu orang. Biasanya toko furnitur menjual sofa jenis ini sekaligus dengan sofa double seater alias satu paket. Namun, ada juga yang menjualnya terpisah.

Sofa double seater, daybed atau sofa bed, sofa berbentuk huruf L seperti sebutannya, sofa ini berbentuk persis seperti huruf L. Sofa ini biasanya digunakan di ruang tamu dan bisa diduduki oleh empat hingga lima orang.

"Sofa minimalis dengan rangkaian sofa kecil tanpa sandaran. Sofa jenis ini juga berbentuk serangkai dengan sofa-sofa kecil. Biasanya dijual satu paket, meski harganya jadi cukup mahal," tuturnya.

Budiyanto juga mengupas lima alasan mengapa harus memilih sofa minimalis. Pertama, sofa minimalis cocok ditempatkan di setiap sudut ruangan, karena bentuknya yang simple.

Kedua sambungnya, sofa minimalis harganya cukup terjangkau. Ketiga, sofa minimalis memiliki beberapa fungsi sekaligus alasan untuk memilih sofa minimalis, karena multifungsi.

"Keempat, sofa minimalis mudah perawatannya, cukup dengan vacum cleener, lap kering, dan pembersih sofa, dapat membersihkan debu yang menempel," kata Budiyanto.

Terakhir ucap Budiyanto, sofa minimalis memiliki banyak jenis dan ukuran, mulai dari yang vintage hingga kontemporer. Pilihannya bervariasi, jadi tinggal seuaikan saja dengan tema ruanganmu.

"Sekarang, pilihan di tangan kamu. Apakah kamu siap untuk membeli satu set sofa minimalis untuk ditaruh di rumah?" tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8028 seconds (0.1#10.140)