Panglima: Laporkan Anggota TNI yang Terindikasi Tak Netral!

Senin, 10 Oktober 2016 - 14:45 WIB
Panglima: Laporkan Anggota TNI yang Terindikasi Tak Netral!
Panglima: Laporkan Anggota TNI yang Terindikasi Tak Netral!
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengimbau seluruh pihak untuk tidak ragu melapor apabila mengetahui ada anak buahnya yang terindikasi tidak netral dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

‎"Laporkan ke instansi terkait yang terdekat, bisa Koramil, bisa Kodim, Puspom, dan sebagainya," ujar Gatot di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (10/10/2016).

Dia juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi anggota TNI dalam menjalankan tugas. "Mohon masyarakat untuk ikut mengawasi dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI, khususnya dalam pilkada ini," ujarnya.

Terkait penegasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menolak TNI mempunyai hak politik, Gatot menandaskan institusinya hasus tetap netral. "TNI harus netral, " ujar Gatot. (Baca juga: Soal Hak Politik, DPR Ingin TNI Profesional)

Sebelumnya, ‎Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan Presiden Jokowi melarang TNI untuk memiliki hak politik. Hal itu sudah diatur dalam TAP MPR dan undang-undang yang mengatur status TNI.

Adapun pernyataan Pratikno itu menanggapi pernyataan Gatot Nurmantyo beberapa waktu lalu yang menginginkan TNI memiliki hak berpolitik.‎ Keinginan Gatot itu mendapat kritik dari berbagai pihak.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0664 seconds (0.1#10.140)