Menlu Ungkap Hasil Pertemuan Tiga Menhan Terkait Pengamanan Laut

Rabu, 03 Agustus 2016 - 13:35 WIB
Menlu Ungkap Hasil Pertemuan Tiga Menhan Terkait Pengamanan Laut
Menlu Ungkap Hasil Pertemuan Tiga Menhan Terkait Pengamanan Laut
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu telah menggelar pertemuan lanjutan dengan Menhan Filipina dan Menhan Malaysia‎ dalam tindaklanjut pertemuan trilateral

‎"Ketiga pihak menyiapkan apa yang dinamakan framework agreement untuk pengamanan perairan Sulu dan sekitarnya‎," ujar Retno di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Menurutnya, pertemuan tiga Menhan sebagi tindaklanjut yang sudah dilakukan pada 5 Juli di Bali yang kemudian disepakati dan ditandatangani bersama pada 14 Juli 2016. Pada pertemuan 5 Juli disepakati empat poin kerja sama.

"Untuk memperkuat lagi maka Menhan ketiga negara berkumpul kembali dan menghasilkan enam butir," ungkapnya.

Retno menjelaskan, dari enam butir yang telah disepakati di antaranya, Indonesia bersama Filipina dan Malaysia sepakat untuk patroli bersama di perairan Sulu dan bantuan darurat.

"Ketiga adalah share intelligence (pertukaran informasi dan intelijen), keempat hotline communication," paparnya.

Kemudian yang kelima tiga negara sepakat untuk melakukan latihan bersama dan sistem identifikasi langsung (automatic Identification system). Menurutnya dari enam poin tersebut, poin lima dan enam dianggap paling ‎utama untuk segera direalisasikan.

"Kita harapkan dengan kesepakatan yang dihasilkan para Menhan tiga negara maka enam kerja sama ini dapat segera diimplementasikan. Karena sangat penting sekali untuk menghindari terjadinya penculikan sandera di masa akan datang," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7253 seconds (0.1#10.140)