Ribuan Pedagang Jamu Ikut Mudik Gratis

Jum'at, 01 Juli 2016 - 15:00 WIB
Ribuan Pedagang Jamu Ikut Mudik Gratis
Ribuan Pedagang Jamu Ikut Mudik Gratis
A A A
JAKARTA - 16.000 pedagang jamu bisa melakukan perjalanan mudik gratis untuk merayakan Lebaran di kampung halamannya masing-masing. Pemberangkatan mudik gratis ke-27 yang dilakukan Sido Muncul ini menggunakan 270 bus untuk tujuan Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri dan Yogyakarta.

Sebanyak 186 bus, diberangkatkan dari daerah Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Sebanyak 84 bus lagi diberangkatkan dari Sukabumi, Bandung, Tangerang, Cilegon, Serang, Cikampek, Bogor, dan Cibinong.

“Tahun ini, jumlah peserta Mudik Gratis Sido Muncul berkurang dibandingkan tahun lalu. Hal ini dikarenakan ekonomi pedagang jamu membaik, dan makin banyaknya perusahaan atau institusi yang menyelenggarakan mudik gratis," ujar Direktur Marketing PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, Jumat (1/7/2016).

Menurutnya, acara mudik gratis ke-27 ini, Sido Muncul mengampanyekan tentang perlunya menjaga lingkungan, untuk mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup yang memberlakukan plastik berbayar pada tahun ini.

Dia menceritakan, Mudik Gratis Sido Muncul pertama kali dilaksanakan pada tahun 1991 di lapangan Parkir Timur Senayan dengan 17 bus diikuti oleh 1.200 pedagang jamu. Namun, beberapa tahun terakhir peserta mudik adalah para pedagang jamu, jamu gendong, pedagang asongan, dan pembantu rumah tangga.

"Ide mudik gratis ini adalah dari adik saya Sofyan Hidayat yang sekarang menjabat sebagai Direktur Utama. Selama tiga tahun dari tahun 1991-1993, kegiatan mudik dilakukan secara sederhana dan tidak ada pejabat pemerintah yang melepas para pemudik. Saat itu yang mewakili direksi untuk melepas para pemudik, adalah Marketing Manager Kris Irawan," jelasnya. (Baca: BNPB Minta Pemudik Waspada Banjir dan Longsor)

Pemberangkatan mudik gratis di Jakarta dilepas oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Deputi bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuty, Asisten Deputi Gubernur bidang Transportasi, Sunari M. Sinaga, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Syamsul Bahri, Ibu Desy Sulistio, Generasi kedua pendiri Sido Muncul, Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk, Sofyan Hidayat, dan Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0985 seconds (0.1#10.140)