Jampidsus: Besok La Nyalla Akan Diperiksa KPK

Senin, 20 Juni 2016 - 21:02 WIB
Jampidsus: Besok La Nyalla Akan Diperiksa KPK
Jampidsus: Besok La Nyalla Akan Diperiksa KPK
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim La Nyalla Mattalitti. Kejaksaan yang tengah menahan La Nyalla pun siap meminjamkan tahanannya untuk pemeriksaan tersebut.

"Iya besok akan diperiksa La Nyalla oleh KPK. Besok," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2016).

Namun demikian, Arminsyah belum bicara detail di mana La Nyalla akan diperiksa penyidik KPK. Kejaksaan, kata dia, siap memfasilitasi bila La Nyalla diperiksa di kejaksaan maupun di markas KPK.

"Saya serahkan KPK. Apa KPK akan bawa ke sini, kita persilakan. Apakah akan memeriksa di Kejagung, kita akan fasilitasi," kata dia.

Berkaitan dengan rencana pemeriksaan La Nyalla, KPK tengah mencari alat bukti keterlibatannya dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di RS Universitas Airlangga, Surabaya. Penyidik KPK bahkan sudah menggeledah kantor La Nyalla akhir Maret lalu.

Kasus ini muncul pada 18 Desember 2015 lalu. KPK, saat itu, menetapkan dua tersangka dalam kasus ini. Tersangka pertama adalah Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kementerian Kesehatan Bambang Giatno Raharjo. Tersangka lainnya, yakni Direktur Marketing PT Anugrah Nusantara Mintarsih.

Kasus pengadaan alkes di RS Universitas Unair diduga telah merugikan negara sekitar Rp17 miliar. Sementara, total nilai proyeknya mencapai sekitar Rp87 miliar.

La Nyalla Mattalitti pun pernah diperiksa KPK terkait kasus ini pada 11 Maret 2015. Ketua Umum PSSI itu diperiksa dalam kapasitasnya sebagai pemilik perusahaan Airlangga Tama Nusantara Sakti. Perusahaan itu merupakan pemenang tender pembangunan RS Unair yang terindikasi terjadi tindak pidana korupsi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2738 seconds (0.1#10.140)
pixels