Temuan Bareskrim Saat Geledah Gedung Pertamina Foundation

Selasa, 01 September 2015 - 15:58 WIB
Temuan Bareskrim Saat Geledah Gedung Pertamina Foundation
Temuan Bareskrim Saat Geledah Gedung Pertamina Foundation
A A A
JAKARTA - Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri melakukan pengeledahan di Kantor Pertamina Foundation. Apa saja temuan penting dalam pengeledahan itu?

Dari penggeledahan itu, penyidik Polri menemukan sejumlah dokumen penting terkait dugaan korupsi yang dilakukan oleh internal divisi penyalur dana hibah dari perusahaan minyak berplat merah tersebut.

Saat ditemui usai penggeledahan, Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Victor Edi Simanjuntak mengatakan, penggeledahan ini dilakukan terkait dugaan penyalahgunaan anggaran proyek gerakan menabung pohon dan sekolah sepak bola yang ditangani Pertamina Foundation.

"Pada kurun 2013-2014 mereka menggunakan anggaran Rp251 miliar. Berdasarkan analisa dokumen dan saksi, diduga ada penyalahgunaan anggaran," kata Victor di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2015).

Diakui Victor, ada empat ruangan di Gedung Pertamina Foundation yang digeledah Bareskrim. Di antaranya, ruangan bendahara, ruangan perencanaan, ruangan arsip dan ruangan database.

Dalam penggeledahan itu, penyidik berhasil memeroleh sejumlah dokumen terkait aliran dana dan relawan dalam program menabung Rp100 juta pohon tersebut.

"Yang perlu diteliti apakah relawan-relawan itu ada atau adakah indikasi bahwa relawan-relawan itu fiktif. Untuk itu perlu dikroscek dari dokumen dan pembayaran," ujar Victor.

Untuk mengembangkan kasus ini, lanjut Victor, Bareskrim akan menerapkan Undang-undang Tindak Pidana Korupsi subsider Pasal 374 KUHP guna menjaring pihak terkait yang berada di luar Pertamina Foundation.

PILIHAN:

Alasan Pansel KPK Tak Loloskan Jimly Asshiddiqie

Pemerintah Lipatgandakan Bantuan Operasional PAUD
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6223 seconds (0.1#10.140)