Pansel Temukan Empat Calon Pemimpin KPK Bermasalah

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 14:03 WIB
Pansel Temukan Empat Calon Pemimpin KPK Bermasalah
Pansel Temukan Empat Calon Pemimpin KPK Bermasalah
A A A
JAKARTA - Panitia seleksi (Pansel) Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi empat nama bermasalah yang didapatkan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Ketua Pansel Destry Damayanti mengatakan, nama-nama itu diduga melakukan transaksi mencurigakan. Namun demikian, Destri menegaskan, rekening Capim KPK yang dinilai menyimpang tidak selalu berkaitan dengan tindak pidana tertentu.

"Kami coba telusuri, yang dua masih bisa kami justifikasi. Sementara yang dua lagi kami anggap memang bermasalah," kata Destry saat dikonfirmasi, Sabtu (22/8/2015).

Destri mengatakan, dua kandidat itu dianggap bermasalah karena melakukan transaksi di atas Rp500 juta dengan peruntukan yang tidak jelas. Namun demikian, pihak Pansel KPK tidak mau menjelaskan siapa saja nama-nama bermasalah yang dimaksud.

Saat ini Capim KPK yang lolos tahap III akan menjalani tes wawancara langsung dan tes kesehatan. Capim KPK yang berjumlah 19 orang akan kembali disaring menjadi delapan orang untuk diserahkan kepada presiden dan DPR guna menjalani fit and proper test.

Hasil akhir, DPR akan mengumumkan empat orang yang dipastikan menjadi Pemimpin KPK Jilid IV. Sebelumnya, dalam upaya melakukan penelusuran rekam jejak Pansel KPK sejak awal menggandeng Kepolisian, Kejaksaan, Badan Intelejen Negara (BIN), PPATK, KPK, dan sejumlah institusi lainnya dalam penelusuran rekam jejak para calon.

Selain itu Pansel KPK juga menerima masukan dari koalisi masyarakat, ataupun tanggapan masyarakat secara langsung.

Pilihan:

Aturan Pekerja Asing Wajib Bisa Bahasa Indonesia Dihapus

Jokowi Tegaskan Kritiknya Terkait Tayangan Sinetron
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4946 seconds (0.1#10.140)