ISIS Lahir dari Ketidakstabilan Politik, Sosial dan Agama

Selasa, 14 Juli 2015 - 18:44 WIB
ISIS Lahir dari Ketidakstabilan...
ISIS Lahir dari Ketidakstabilan Politik, Sosial dan Agama
A A A
JAKARTA - Kemunculan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) akibat ketidakstabilan politik dan keamanan di negara-negara timur tengah. Yang dilakukan ISIS bukan jihad , jadi tak layak ditiru.

Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra mengatakan, ISIS lahir dari ketidakstabilan politik, sosial dan agama.

Dia menjelaskan, ketika gelombang demokrasi sampai ke Suriah, maka bercabanglah kelompok oposisi yang sebagian murni gerakan pro demokrasi dan lebih banyak lagi adalah kelompok militan radikal dengan mengusung semangat sektariasnisme keagamaan yang menyala-nyala dan dikenal ISIS ini.

“Jika merujuk teori sosiologi politik, takkala negara lemah semisal politik dan keamanan tidak stabil, saat itulah aktor dan kelompok non-negara menguat untuk menguasai wilayah yang vakum dari kekuaasaan negara,” ujar Azyumardi kepada media, Selasa (14/7/2015).

Dia menambahkan, banyak kalangan muslim di Indonesia tanpa pengetahuan memadai tentang konsep dan praktik khalifah mempersepsikan dan meyakini khalifah sebagai sistem, bentuk dan praksis politik Islam paling sahih, ideal dan terbaik yang perlu diperjuangkan terus menerus.

Alasannya, konsep khalifah dianggap tidak sesuai dengan kaidah sesungguhnya sesuai yang dianut segelintir umat muslim. Maka itu berbagai pihak di Indonesia diminta tetap mencermati dan mewaspadai penyebaran ajaran dan rekrutmen ISIS secara komprehensif dan bekelanjutan.

Meskipun, kata dia, potensi keberhasilannya relatif kecil, gagasan dan praksis ISIS dapat menimbulkan dampak dan ancaman serius terhadap kehidupan politik, agama, sosial dan budaya di Indonesia.

“Hampir bisa dipastikan kelompok kecil radikal yang selama ini aktif di Indonesia tidak lain adalah pemain-pemain lama," terangnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)