Rio Haryanto Berjaya di Sirkuit Silverstone

Senin, 06 Juli 2015 - 10:38 WIB
Rio Haryanto Berjaya di Sirkuit Silverstone
Rio Haryanto Berjaya di Sirkuit Silverstone
A A A
LONDON - Rio Haryanto kembali membuat bangga Indonesia setelah menjuarai balapan Sprint Race di GP Inggris kemarin.

Kemenangan ini sekaligus menjadi yang ketiga kalinya sepanjang GP2 musim ini. Pada balapan ini Rio berhasil menyentuh garis finis pertama dengan catatan waktu 36 menit 27,949 detik. Capaian itu mengungguli pembalap Tridente asal Italia, Raffaele Marciello, dengan selisih 1,925 detik yang berada di posisi kedua, dan Pierre Gasly dari tim DAMS di posisi ketiga dengan beda 4,993 detik.

Rio memang mendapatkan keuntungan saat mengawali lomba di Sirkuit Silverstone tersebut. Pembalap Campos Racing ini memulai dari posisi terdepan setelah finis di urutan delapan pada Feature Race, Sabtu (4/7). Dengan aturan start reverse grid pada Sprint Race, Rio berhak start dari pole position. Dia mampu memaksimalkan keuntungan tersebut dengan melakukan start sempurna dan tak terkejar lawan-lawannya hingga finis.

“Pada balapan kedua ini, saya start dari pole position. Saya berusaha semaksimal mungkin mendapatkan start yang baik, dan di sprint race tadi saya sangat baik. Setelah itu, di awal lomba saya juga berhasil menjauhi Marciello yang berada di posisi kedua, dengan jarak sekitar 3 detik. Saya terus berusaha untuk menjaga jarak 3 detik tersebut dari dia,” kata Rio, dikutip dari situs pribadinya. Kemenangan ini membuat Rio mengoleksi tiga trofi juara Sprint Race di GP2 2015.

Sebelumnya dia juga menang di Sprint Race GP Bahrain dan GP Austria. Keberhasilan itu membuatnya berada di posisi ketiga klasemen pembalap dengan 91 poin. Dia masih tertinggal dari Stoffel Vandoorne dengan 170 poin dan AlexanderRossi(105angka) yang menempatiposisisatudandua. “Saya berterima kasih kepada tim dan para pendukung, fans yang telah mendukung saya hingga akhirnya saya dapat finis di urutan pertama. Kemenangan ini juga kemenangan saya yang ketiga dan mudah-mudahan saya bisa terus dapat tampil konsisten seperti hari ini,” paparnya.

Setelah kesuksesan ini Rio langsung akan kembali fokus untuk mempersiapkan diri pada balapan di GP Hungaria, 24-26Julinanti. Pada musimlalu, pembalapberusia22tahuninitak mampu mendapatkan posisi 10 besar, tapi gagal finis di feature race. Dia juga belum pernah mencicipi podium di Budapest. Apalagi, posisi terbaiknya hanya menempati posisi tujuh saat masih bersama Marussia Carlin GP2 pada 2012.

“Balapan berikutnya di sirkuit Hungaroring, Budapest. Sirkuit ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan sirkuit Silverstone. Sirkuit di Budapest ini memiliki cukup banyak tikungantikungan lambat. Tahun lalu tim Campos dengan Arthur (Pic) tampil kencang di sirkuit ini sehingga kita punya setting mobil yang baik. Saya berharap dapat tampil maksimal kembali di ronde berikutnya,” ungkap Rio.

Raikhul amar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4095 seconds (0.1#10.140)