Maju Capres AS, Jindal Jadi Ejekan

Sabtu, 27 Juni 2015 - 10:39 WIB
Maju Capres AS, Jindal Jadi Ejekan
Maju Capres AS, Jindal Jadi Ejekan
A A A
WASHINGTON - Gubernur Lousiana Bobby Jindal mengumumkan keikutsertaannya dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2016 mendatang dari Partai Republik.

Namun, majunya dia sebagai calon presiden (capres) malah membuatnya menjadi bahan ejekan di media sosial. Jindal meluncurkan kampanye yang menyerukan penyamaan identitas kewarganegaraan AS. Dia mengaku tidak menyukai AS yang diidentifikasi oleh asal, etnis, atau kekayaan.

Setelah pidato pengumumannya pada Kamis (25/6), muncul hashtag #Bobby Jindalis So White yang mulai menjadi tren diTwitter. Kicauan di Twitter juga banyak yang menyindir Jindal seusai pidatonya yang berusaha menjauhkan identitas aslinya yang keturunan India.

”Kita bukan Indian- Amerika, Afrika-Amerika, Irlandia-Amerika, orang Amerika yang kaya, atau orang Amerika yang miskin. Kita semua orang Amerika,” katanya kepada para pendukungnya dikutip BBC. Lahir di Baton Rouge, Lousiana, Jindal termasuk imigran dari India.

Pada 2001, Jindal dipercaya Presiden George W Bush sebagai penasihat utama untuk Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Tommy Thompson. Dia berhasil memenangkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat AS pada Pemilu 2004. Pada 2007, dia berhasil menjadi gubernur pertama keturunan Amerika-India di AS. Dia kembali menang dalam periode kedua pada 2011.

Ananda Nararya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8254 seconds (0.1#10.140)
pixels