KPU: Kesiapan Pilkada Sudah 75%

Rabu, 10 Juni 2015 - 19:29 WIB
KPU: Kesiapan Pilkada...
KPU: Kesiapan Pilkada Sudah 75%
A A A
JAKARTA - Enam bulan menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan kesiapannya menggelar hajatan demokrasi lokal telah mencapai 75%. Beberapa aspek yang telah dinyatakan siap antara lain regulasi, anggaran dan personel.

“Jadi secara umum KPU bisa memberikan kesimpulan bahwa kesiapan penyelenggaraan pilkada diseluruh kabupaten/kota dan provinsi sudah 75% siap dilaksanakan. Sisanya menunggu waktu untuk disiapkan,” ujar Komisioner KPU Arief Budiman usai menjadi pembicara diskusi bertajuk menilik persiapan penyelenggaraan Pilkada di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Menurut Arief, beberapa yang menunggu waktu untuk disiapkan adalah logistik pilkada. Yang mencakup 25% dari kesiapan pilkada seluruhnya. “Tapi logistiknya belum. Jadi 25% itu masuk dalam kesiapan logistik,” katanya.

Arief mengakui untuk logistik ada beberapa komponen yang kesiapannya menunggu kepastian pencalonan. Seperti berapa jumlah pasangan calon serta foto dari pasangan calon. Menurut mantan Ketua KPU Jawa Timur itu logistik tersebut proses produksinya bisa dilakukan usai penetapan calon. “Begitu pasangan calon ditetapkan, kita tinggal produksi sesuai dengan penetapan pasangan calon,” katanya.

Adapun setelah kesiapan logistik, KPU tinggal memastikan proses pemungutan suara dapat berjalan baik dan benar. “Tapi sebagian sudah siap seperti kotak dan bilik suara dibanyak tempat masih dalam pembuatan, sisanya masih bisa digunakan kotak dan bilik suara,” pungkasnya.(ico)
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8658 seconds (0.1#10.140)