Jatuh saat Bersepeda, Menlu AS Patah Kaki

Senin, 01 Juni 2015 - 10:51 WIB
Jatuh saat Bersepeda, Menlu AS Patah Kaki
Jatuh saat Bersepeda, Menlu AS Patah Kaki
A A A
JENEWA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) John Kerry harus mempersingkat kunjungan kerjanya ke Eropa setelah mengalami patah kaki lantaran terjatuh saat bersepeda kemarin.

Kerry sempat dirawat di Rumah Sakit Jenewa, Swiss, sebelum diterbangkan ke negaranya. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) AS, John Kirby, mengungkapkan Kerry terjatuh saat bersepeda di Scionzier, Prancis, yang berbatasan dengan Swiss. Akibatnya kaki kanan Kerry patah.

Diketahui, Kerry yang amat menggemari olahraga bersepeda ingin menjajal salah satu etape Tour de France, Col de la Colombiere. ”Menlu dalam kondisi stabil. Dia tidak kehilangan kesadarannya setelah insiden itu. Kejadian ini tidak membahayakan nyawa Menlu. Dia diharapkan akan segera pulih,” papar Kirby.

Kirby menambahkan, setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jenewa, Kerry diterbangkan ke Boston, AS, kemarin. ”Lokasi cedera berdekatan dengan operasi sebelumnya (pinggul). Dia akan mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Massachusetts (di Boston),” sambung Kirby. Seperti dilansir AFP , Kerry meminta izin kepada otoritas lokal di selatan Prancis, Haute-Savoi, agar dirinya bisa bersepeda di Col de la Colombiere.

Lokasi itu terkenal dengan pemandangan Alpen yang indah. ”Dia mengungkapkan keinginannya beberapa hari lalu untuk bersepeda di etape itu. Lokasi itu berbukit dan dikenal sangat sulit bagi pesepeda. Namun dia (Kerry) sangat gemar bersepeda dan juga mencintai Prancis, maka dia memutuskan untuk bersepeda di sana,” ungkap Kirby seperti dikutip Reuters.

Kerry lantas dilarikan ke Rumah Sakit Jenewa dengan helikopter pada pukul 09.40 waktu setempat. ”Paramedis memang ada di sana bersama pengawal saat kecelakaan terjadi,” imbuh Kirby. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS lainnya mengungkapkan Kerry jatuh setelah menabrak sisi jalan. Sudah menjadi kebiasaan Kerry, di sela-sela agenda pertemuan dia selalu bersepeda.

Terkadang, pria kelahiran Aurora, Colorado, ini mengajak menteri atau pejabat untuk bersepeda dengannya. Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond mengungkapkan kekhawatirannya atas kecelakaan yang dialami Kerry. ”@JohnKerry, sangat prihatin mendengar kabar kecelakaanmu. Semoga kamu cepat pulih dan kembali bersepeda lagi,” tulis Hammond pada akun Twitter-nya.

Kerry berada di Swiss untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengenai masalah nuklir. Pembicaraan ini dilakukan dengan intensif karena sudah mendekati deadline internasional, yakni 30 Juni. Akibat insiden ini, Kerry harus mempersingkat kunjungannya di Eropa.

Selain bersua Javad, Kerry sejatinya akan melakukan kunjungan ke Spanyol. Di Madrid, Kerry rencananya akan meresmikan perjanjian militer dengan Spanyol. Dia juga harus membatalkan kehadirannya pada pertemuan tingkat tinggi internasional di Paris, Prancis, terkait ISIS. Walau demikian, Kirby menjelaskan, Kerry tetap bakal terlibat dalam pertemuan itu lewat sambungan jarak jauh.

Hanna
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4728 seconds (0.1#10.140)