Masuk Barisan Pemerintah, Golkar Jadi Beringin Bonsai

Jum'at, 23 Januari 2015 - 05:12 WIB
Masuk Barisan Pemerintah, Golkar Jadi Beringin Bonsai
Masuk Barisan Pemerintah, Golkar Jadi Beringin Bonsai
A A A
JAKARTA - Masa depan Partai Golkar dinilai akan sangat ditentukan oleh hasil pengadilan. Jika pengadilan menyatakan kubu Munas Bali yang dipimpin Aburizal Bakrie (Ical) sebagai pemenang, maka Golkar kembali akan menjadi kekuatan penyeimbang.

“Bahkan Golkar akan makin kokoh sebagai partai penyeimbang pemerintah,” ujar Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio kepada Sindonews, Kamis (22/1/2915) malam.

Tapi jika pengadilan memenangkan kubu Agung Laksono, lanjutnya, hampir dipastikan Golkar akan masuk menjadi bagian dari pendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

“Golkar akan menjadi beringin bonsai. Kalau situasinya seperti itu, rakyat sebenarnya yang dirugikan karena tidak ada penyeimbang lagi selain Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS,” tuturnya.

Hendri menuturkan, Golkar harus menjadi partai yang makin solid setelah melewati konfliknya ini. Dia menyarankan dilakukan pembenahan karena pada tiga pemilu terakhir tren suara dan perolehan kursinya di DPR terus menurun.

“Di saat yang sama partai pecahannya seperti Gerindra dan Nasdem justru makin naik suaranya. Ini pekerjaan rumah bagi Golkar,” ujarnya.

Dia berpandangan, jalan yang paling baik menyelesaikan konflik dengan melakukan Munas Golkar bersama dengan memunculkan ketua umum baru yang lebih muda. Ical dan Agung Laksono disarankan ditempatkan sebagai dewan pertimbangan (Wantim) bersama.

“Tapi sayang Munas bersama ini ditolak oleh kubu Ical maupun Agung,” pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5862 seconds (0.1#10.140)