Alumni dan Mahasiswa UI-ITB Bagikan Tips Sukses SBMPTN 2020

Senin, 29 Juni 2020 - 22:04 WIB
loading...
Alumni dan Mahasiswa UI-ITB Bagikan Tips Sukses SBMPTN 2020
goKampus selaku aplikasi penyedia seluruh kebutuhan mahasiswa, berbicara pada sejumlah alumni dan mahasiswa PTN seputar usaha mereka saat menghadapi ujian masuk. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kurang dari sebulan lagi sebanyak 636.586 calon mahasiswa akan bersaing memperebutkan bangku kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idaman lewat jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Tekanan untuk ujian tahun ini terbilang unik, sebab peserta didik hanya memiliki satu kesempatan tes saja. Alhasil, para pendaftar harus melakukan persiapan maksimal dengan strategi belajar yang tepat.

goKampus selaku aplikasi penyedia seluruh kebutuhan mahasiswa, berbicara pada sejumlah alumni dan mahasiswa PTN seputar usaha mereka saat menghadapi ujian masuk. Ini merupakan rangkuman kiat sukses SBMPTN bagi para calon mahasiswa. (Baca juga: Belajar dari Rumah, Gerindra Dorong Pemerintah Beri Subsidi Kuota Internet)

1. Memahami seluk beluk UTBK

UTBK tahun ini hanya akan mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Dengan begitu, para siswa tidak perlu lagi mempersiapkan diri untuk Tes Kompetensi Akademik (TKA) seperti tahun-tahun sebelumnya.

TPS memiliki empat sub tes yakni penalaran umum, pemahaman bacaan, pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif. Di tahun ini, akan ada sekitar 20% dari komposisi pertanyaan yang akan menggunakan bahasa Inggris.

Durasi ujian dan jumlah soal tahun ini berubah. Bila tahun lalu jumlah soalnya ada 80 dan durasinya 120 menit, tahun ini durasinya berkurang menjadi 105 menit. Jumlah soal juga akan berkurang namun belum diumumkan jadi berapa.

2. Rutin latihan bank soal dan try out

“Sering-sering latihan soal. Ulik soal dari tahun terlama sampai yang terbaru,” jelas Zanira Fachri, mahasiswi UI angkatan 2015. Lanjutnya, “Cari juga referensi dari sumber lain, jangan mengandalkan satu atau dua sumber aja karena pasti akan ada yang beda. Diskusi juga sama temen yang beda sekolah, kembali lagi untuk menambah referensi. Walaupun perbedaannya sedikit, ilmunya akan tetap berguna sekali.”

Naomi Maria Neysa, mahasiswi ITB angkatan 2016 juga menyarankan untuk mematok target passing grade saat mengerjakan latihan tryout. “Setelah mengetahui jurusan mana yang menjadi target utama, segera pasang target nilai minimum (passing grade) berdasarkan hasil SBMPTN tahun sebelumnya. Harusnya kita juga sudah mencari tahu kuota mahasiswa yang diterima lewat SBMPTN untuk jurusan yang kita minati,” katanya.

Di periode ini, calon mahasiswa disarankan untuk fokus belajar dan mengurangi porsi kegiatan lainnya seperti bermain game dan menonton film. “Jauhkan dulu rasa malas yang hanya bisa memberikan kenyamanan sementara dan sisanya penyesalan,” kata Zanira. (Baca juga: PPDB Dorong Pemda Membangun Sekolah Negeri Baru)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)