Kapolda Metro Ungkap Data Pemudik yang Lolos Keluar Jakarta Capai 1 Juta Lebih

Jum'at, 14 Mei 2021 - 12:54 WIB
loading...
Kapolda Metro Ungkap Data Pemudik yang Lolos Keluar Jakarta Capai 1 Juta Lebih
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebut masih banyak warga Jakarta yang tetap nekat mudik dan lolos dari penyekatan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran membeberkan masih banyak warga Jakarta yang tetap nekat mudik dan lolos dari penyekatan . Secara umum, penyekatan hanya mengurasi 50% jumlah pemudik dari Jakarta.

Meski demikian, Kapolda mengklaim operasi penyekatan cukup berhasil. Berdasarkan data yang ia terima dari Dirlantas Polda Metro Jaya, sebelum dilakukan pemberlakuan larangan mudik, jumlah kendaraan keluar masuk di gerbang tol (GT), baik GT Cikupa Tangerang maupun GT Cikarang Barat Bekasi, terdapat sekitar 700 ribu kendaraan.



Kemudan data penumpang melalui kereta api dan udara itu sekitar 300 ribu. "Ada sekitar satu juta orang berdasarkan perlintasan melalui gerbang tol maupun bandara dan stasiun kereta yang keluar," ujar Kapolda di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Angka itu belum termasuk pemudik roda dua yang nekat menerobos penyekatan. Seperti pemudik yang melewati penyekatan di Gunung Waringin Bekasi menuju Jawa.



"Itu puncaknya terjadi satu Minggu terakhir. Rekan-rekan media juga bisa melihat di mana sekitar 100 sampai 200 ribu masyarakat yang tetap nekad untuk pulang walaupun juga sebenarnya efektivitas penyekatan ini juga baik, karena mampu mengurangi 50 persen dari arus yang keluar dari Provinsi DKI Jakarta," bebernya.

Untuk mengatasipasi arus balik Lebaran, pihaknya akan menggunakan langkah-langkah pencegahan berbasis komunitas. Hal ini untuk mengefektifkan 3T, testing, dan tracing.



"Mudah-mudahan kondisi Covid-19 terkendali di Jakarta dengan antisipasi dini, bisa kita terus jaga bersama," tutup Fadil.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)