Lebaran di Rumah, 3 Indonesia Antisipasi Kenaikan Trafik Data Hingga 35 Persen

Selasa, 11 Mei 2021 - 19:30 WIB
loading...
Lebaran di Rumah, 3 Indonesia Antisipasi Kenaikan Trafik Data Hingga 35 Persen
Selain 3 Indonesia tetap memperkuat jaringan di sarana umum, juga jaringan di rumah-rumah. Foto: dok Tri Indonesia
A A A
JAKARTA - 3 Indonesia memastikan silaturahmi yang aman dan lancar melalui optimisasi dan peningkatan jaringan di 214 Point of Interest (POI) dan Cell on Wheels (COW) yang tersebar di wilayah Indonesia.


Tahun ini perayaan Idul Fitri di rumah guna mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19 tetap berdampak. 3 Indonesia melakukan optimisasi kapasitas dan kualitas jaringan agar pelanggan mendapat layanan terbaik untuk bersilaturahmi secara virtual maupun mengakses konten hiburan selama libur lebaran.

Adapun optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan telah dilakukan di 214 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia (71 titik di Kalimantan dan Sumatra, 8 titik di Sulawesi, 135 titik di Pulau Jawa dan Bali), menambah Cell on Wheels (COW) yang tersebar di Pulau Jawa, yaitu di Kota Bandung, dan Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo dan Surabaya.

Optimisasi juga dilakukan di bandara, pelabuhan, stasiun bus dan kereta, jalur utama transportasi darat, tempat ibadah, rumah sakit, daerah wisata, serta area pemukiman padat penduduk.

“Kami terus mengawasi trafik yang terjadi melalui NOC (network operation center) kami yang bekerja 24/7 selama 365 hari,” beber M. Danny Buldansyah, Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia.

Lebaran di Rumah, 3 Indonesia Antisipasi Kenaikan Trafik Data Hingga 35 Persen

Menurut Danny, dengan optimisasi yang sudah dilakukan, kapasitas jaringan 3 bisa mengatasi tambahan lonjakan trafik hingga 35%. ”Sehingga dipastikan pelanggan bisa dengan nyaman menjalani seluruh kegiatan digital selama Ramadhan dan Idul Fitri di rumah,” ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, volume trafik data tercatat mengalami peningkatan saat Idul Fitri dikarenakan banyaknya pelanggan yang berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat menggunakan aplikasi mobile messaging seperti WhatsApp, mengakses berbagai sosial media, maupun mengonsumsi berbagai konten digital.



Hingga minggu ketiga Ramadan, 3 Indonesia mencatat terjadi kenaikan trafik data untuk mengakses aplikasi YouTube (22%), Shopee (21%), TikTok (20%), dan Mobile Legends (19%). Kenaikan trafik diprediksi akan terus meningkat hingga momen Idul Fitri, kenaikan tertinggi terdapat di kota Bekasi, Tangerang, dan Bogor.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8992 seconds (0.1#10.140)