Dipimpin Yanti Airlangga, Koleksi Yayasan Batik Indonesia Dipamerkan di HUT Dekranas

Kamis, 08 April 2021 - 21:22 WIB
loading...
Dipimpin Yanti Airlangga, Koleksi Yayasan Batik Indonesia Dipamerkan di HUT Dekranas
Ketua Umum YBI Yanti Airlangga mengatakan siap menampilkan batik klasik koleksi YBI di pameran yang dijadwalkan digelar mulai 8 April hingga 8 Mei 2021 di Rumah Kriya Asri ini. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Yayasan Batik Indonesia (YBI) ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Ketua Umum YBI Yanti Airlangga mengatakan siap menampilkan batik klasik koleksi YBI di pameran yang dijadwalkan digelar mulai 8 April hingga 8 Mei 2021 di Rumah Kriya Asri ini.

Menurut Yanti, momentum pameran HUT ke-41 Dekranas ini juga bersamaan diluncurkannya Galeri Yayasan Batik Indonesia di Rumah Kriya Asri. Dia mengatakan banyak batik klasik koleksi YBI yang bisa dinikmati masyarakat di galeri ini.

“Batik adalah salah satu kekayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia. Kita patut bangga dengan banyaknya ragam dan motif yang mewarnai khazanah batik nasional,” tutur Yanti, Kamis (8/4/2021).



Istri dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ini mengaku Galeri Yayasan Batik juga akan dilengkapi kepustakaan mengenai batik-batik di Indonesia. “Masyarakat bisa menikmati keindahan motif sekaligus menambah literasi tentang batik di seluruh daerah di Indonesia,” ujarnya.

Acara pembukaan pameran dan peresmian Galeri YBI turut dihadiri Ibu Wury Estu Handayani yang juga istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla. Yanti Airlangga berharap, pameran dan peresmian Galeri YBI diharapkan semakin membantu perajin batik dan kerajinan lain nasional semakin bersemangat untuk membuat karya. “Sekaligus mengajak masyarakat untuk melihat dan menegnal lebih dekat dengan batik Indonesia,” tutur Yanti.



Terlebih, dorongan semangat ini dibutuhkan untuk seluruh perajin di tengah himpitan dampak pandemi Covid-19. Yanti optimistis, perajin batik menjadi salah satu sektor UMKM nasional yang terus bertahan menghadapi dampak pandemi Covid-19 yang sudah setahun melanda Bangsa Indonesia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)