Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Terusan Sulawesi Opsi Gerbang Timur

Selasa, 06 Agustus 2019 - 00:08 WIB
Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Terusan Sulawesi Opsi Gerbang Timur
Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Terusan Sulawesi Opsi Gerbang Timur
A A A
JAKARTA - Terusan Sulawesi dinilai dapat membuka akses gerbang Timur Indonesia menuju Kalimantan, pulau yang notabene akan menjadi ibu kota negara, sebagaimana digagas oleh Presiden Joko Widodo. Terusan Sulawesi bahkan sekaligus dapat menjadi akses ke jalur Laut China Selatan, sehingga ke depan dapat menjadi gerbang kejayaan, khususnya bagi kawasan Indonesia Timur.

"Studi pembangunan Terusan Sulawesi perlu dipertimbangkan untuk dilanjutkan mengingat posisi geo strategis Sulawesi Tengah. Terusan Sulawesi bisa menjadi gerbang kejayaan Indonesia Timur," ujar anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi NasDem Ahmad Ali, Senin (5/8/2019).

Menurut Ahmad Ali, potensi ekonomi dari pembukaan terusan Sulawesi tidak perlu diperdebatkan lagi, mengingat jalur tersebut akan meringkas perjalanan logistik dari arah timur. Terutama angkutan bahan baja manufaktur Morowali, perikanan Laut Banda, cengkeh, hasil bumi dari Maluku dan Pulau Timor, otomatis akan berlayar melalui jalur ini menuju laut China Selatan.

“Bahkan pengguna pertama adalah puluhan Kargo LNG dari Donggi Senoro menuju Korea Selatan dan Jepang,” ucapnya.

Terusan Sulawesi, lanjut Ahmad Ali, menjadi opsi paling strategis untuk berbagi kemakmuran dan pemerataan pembangunan Kawasan Timur Indonesia, sebagai efek langsung dari pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Namun demikian, ia memandang perlunya dilakukan kajian, khususnya terkait keamanan dari sisi geologis.

Hal ini mengingat jalur leher Sulawesi yang akan menjadi objek terusan Sulawesi adalah daerah patahan sesar Palu Koro. Agar segala resiko geologis bisa diminimalisir.

“Kajian wajib dilakukan secara holistik sehingga pengambilan keputusan benar-benar ditopang oleh sebuah data yang valid,” tutup Ahmad Ali.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5036 seconds (0.1#10.140)