4 PTN yang Syaratkan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri 2024, Cek Kampusnya

Rabu, 03 April 2024 - 20:25 WIB
loading...
4 PTN yang Syaratkan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri 2024, Cek Kampusnya
Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang mensyaratan nilai UTBK untuk seleksi Mandiri 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 4 PTN yang syaratkan nilai UTBK untuk seleksi Mandiri 2024. Bagi kamu yang berminat kuliah di kampus negeri, saat ini beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) mensyaratkan nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 pada pendaftaran Seleksi Mandiri. Untuk info lengkap kampus mana saja, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

4 PTN yang Mensyaratkan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri 2024


1. UGM


Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki seleksi jalur Mandiri yang biasa disebut dengan UM UGM -Computer Based Test (UM UGM CBT). Itu merupakan jalur seleksi yang menggunakan kombinasi nilai/skor UM UGM CBT yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai atau skor UTBK.

Jalur seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C untuk mengikuti seleksi dengan memilih dua program studi pada program sarjana atau sarjana terapan.

2. Unpad


Universitas Padjadjaran (Unpad) juga memiliki seleksi mandiri yang mengkombinasikan nilai UTBK dengan nilai rapor dari semester 1-5 untuk jalur prestasi. Selain itu, syarat nilai UTBK juga terbuka bagi calon mahasiswa yang ingin ikut jalur mandiri di seleksi mandiri berdasarkan minat dan bakat.


3. Unair


Universitas Airlangga (Unair) menggunakan nilai UTBK dan tes kemampuan akademik (TKA) pada seleksi mandirinya. Nilai UTBK-SNBT digunakan untuk mendapatkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika, dan Bahasa Inggris, sedangkan TKA digunakan untuk mendapatkan nilai IPA atau IPS (sesuai pilihan kelompok ujian).

4. ITB


Proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) juga menggunakan UTBK sebagai salah satu komponen penilaian dengan ketentuan sebagai berikut:

• Hasil ujian seleksi (daring), nilai UTBK, dan Nilai Rapor bagi pendaftar ke fakultas atau sekolah selain FSRD • Hasil ujian seleksi (daring), nilai UTBK, Nilai Rapor dan Hasil Tes Keterampilan Seni Rupa (daring), bagi pendaftar ke FSRD

Sebagai informasi, setiap PTN memiliki jadwal seleksi mandiri yang berbeda, pastikan kamu terus memantau laman resmi dan akun media sosial PTN.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)