Dana Indonesiana Dukung Pencarian Bakat Seniman Muda

Senin, 11 Maret 2024 - 16:50 WIB
loading...
Dana Indonesiana Dukung Pencarian Bakat Seniman Muda
Dana Indonesia dinilai mendukung pencarian bakat seniman muda di Indonesia. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Adanya Dana Indonesiana tidak hanya mendukung eksistensi seniman dan budayawan. Namun juga untuk mendukung pencarian bakat seniman muda.

Pendiri Loka Art Studio Scholastica Wahyu Pribadi mengatakan, dengan Dana Indonesiana pihaknya bisa memberikan pendampingan dan mencari bakat seniman-seniman muda di daerah Gunungkidul, Yogyakarta.

"Bagi kami (Dana Indonesiana) sangat mendukung sekali. Khususnya seni pertunjukan," katanya, melalui siaran pers, dikutip Senin (11/3/2024).

Baca juga: Dana Abadi Kebudayaan Tingkatkan Eksistensi Seniman dan Budayawan

Dia mengakui bahwa di Indonesia banyak sekali bibit-bibit seniman yang baik. Tetapi dia tidak ingin bibit itu jatuh di tempat yang berduri, lantas akan mati. Bibit itu harus jatuh di tempat yang subur dan diberi pupuk.

"Nah Dana Indonesiana itu menjadi seperti pupuk. Sehingga para bibit seniman muda tersebut bisa berkembang dengan baik," lugasnya.

Akses Pendanan di Luar Perbankan


Dia mengungkapkan selama ini banyak seniman pertunjukan yang belum memiliki modal mencukupi untuk menggelar pertunjukan.

Padahal bagi para seniman itu, kegiatan pertunjukan sangat penting. Tidak hanya untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk membangun relasi atau jaringan. Menurut Scholastica, lewat Dana Indonesian aitu pemerintah hadir memberikan dukungan terhadap upaya penguatan dan pengembangan kebudayaan.

Baca juga: Dana Indonesiana Dukung Peningkatan Kreativitas Sineas Lokal

Dia menjelaskan dari aspek kebermanfaatan, kucuran Dana Indonesiana itu sangat besar manfaatnya. ’’Apalagi bagi kami yang bergerak di bisnis seni, sangat susah dapat investor,’’ katanya. Selain itu perbankan juga masih sangat susah untuk mengucurkan kredit kepada pelaku seni pertunjukan.

Dengan adanya Dana Indonesiana, kata Scholastica, Loka Art Studio kini bisa menjalankan program inkubasi bagi para pelaku seni pertunjukan. Mereka didampingi tidak hanya urusan teknis kesenian saja. Tetapi juga didampingi untuk membentuk jiwa leadership dan kewirausahaan yang Tangguh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2634 seconds (0.1#10.140)