Unhan: Ekspedisi Batas Negeri UKM IPB Bentuk Nyata Bela Negara

Senin, 15 Januari 2018 - 10:49 WIB
Unhan: Ekspedisi Batas Negeri UKM IPB Bentuk Nyata Bela Negara
Unhan: Ekspedisi Batas Negeri UKM IPB Bentuk Nyata Bela Negara
A A A
BOGOR - Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI Amarulla Octavian memberikan apresiasi tinggi kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Pertanian Bogor (IPB) atas keberhasilan penyelenggaraan Ekspedisi Batas Negeri.

Ekspedisi itu dianggap sebagai bentuk nyata program Bela Negara Kementerian Pertahanan di kalangan intelektual muda.

Apresiasi tersebut disampaikan Octavian ketika menjadi pembicara pertama pada Seminar Nasional bertema Ekspedisi Batas Negeri 2018: Eksplorasi Pulau Rondo dan Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam, di Gedung Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga,Bogor, Jawa Barat, Minggu 14 Januari 2018.

Seminar dihadiri para pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, IPB, Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Pemprov Aceh, Himpunan Alumni IPB, LSM dan beberapa tokoh masyarakat serta ratusan mahasiswa. Pembicara kedua adalah Faisal Azwar dari BAPPEDA Sabang dan pembicara ketiga adalah Edi Mirmanto dari Puslit Biologi LIPI.

Seminar diselenggarakan untuk ketiga kalinya setelah UKM IPB dari Uni Konservasi Fauna berhasil menembus Pulau Rondo pada tahun 2017. Ekspedisi yang pertama ketika menjelajahi Pulau Dana di NTT tahun 2014 dan yang kedua di Pulau Sekatung, Natuna, Keppri tahun 2015. Para mahasiswa IPB berhasil mencapai pulau-pulau terluar Indonesia, menggunakan kapal-kapal perang TNI AL.

Selama berada di pulau-pulau terluar mereka berinteraksi dengan para prajurit TNI yang bertugas menjaga pulau bersama petugas-petugas dari Ditjen Hubla Kemenhub serta masyarakat nelayan. Tugas para mahasiswa adalah mengeksplorasi keanekaragaman hayati dan sosial budaya untuk selanjutnya semua spesies diteliti guna kepentingan akademis.

Kehidupan para prajurit TNI selama tugas berbulan-bulan bersama masyarakat di wilayah yang jauh terpencil juga menjadi fokus penelitian para mahasiswa. "Penting bagi Unhan bahwa ekspedisi semacam ini dapat diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai universitas dan perguruan tinggi lainnya secara rutin hingga keseluruhan 92 pulau terluar sepanjang perbatasan maritim Indonesia dapat dijelajahi," kata Octavian.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0736 seconds (0.1#10.140)