alexametrics

Keren, Santri di Pasuruan Dapat Beasiswa Dirgantara di Rusia

loading...
Keren, Santri di Pasuruan Dapat Beasiswa Dirgantara di Rusia
Muhamad Reza Syah Palepi menunjukan surat daftar lolos beasiswa dari Kedutaan besar Rusia. Foto/Jaka Samudra
A+ A-
PASURUAN - Berkat ketekunan belajar, seorang santri, di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, mendapat beasiswa kuliah dari negara Rusia. Tak tanggung-tanggung, jurusan yang diambil yakni penerbangan di universitas favorit di negara beruang putih.

Sukses ini termotivasi melihat keberhasilan dalam dunia dirgantara oleh Presiden RI ke 3, BJ Habbie, sesua dengan cita-citanya.

Ditemui di sela-sela menunggu jadwal keberangkatan ke Negara Rusia, Muhamad Reza Syah Palepi (18), Warga Desa Kemirisewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menceritakan keberhasilannya bisa lolos kuliah ke luar negeri. (Baca juga: 2 Sekolah di Sikka Belajar di Kebon karena Tak Miliki HP dan Internet)

Menurutnya, dengan keberhasilan ini, orang tuanya bersyukur putranya bisa diterima di jurusan Dirgantara di kampus favorit Ibu Kota Rusia. Apalagi, seleksinya cukup ketat dan diikuti ratusan peserta.



Namun, harapan sesuai cita-citanya sejak kecil, akan kecintaannya tentang pesawat terbang bisa terwujud. "Alhamdulillah saya bisa lolos dan mendapatkan beasiswa di Universitas ternama di Moskow, Rusia," kata Muhamad Reza Syah Palepi, saat ditemui, Kamis (30/7/2020).

Dia menceritakan, beasiswa ini berawal dari dorongan kakak kelas saat masih menempuh pendidikan di Madrasah Aliyah, Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto. Reza Panggilan akrabnya, menyiapkan berkas rapor untuk diajukan seleksi dengan nilai-nilai di atas rata-rata. (Baca juga: UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020)



Setelah berkas nilai memenuhi persyaratan admintrasi, anak pasangan Zainul dan Widi Astutik akhirnya berhak mengikuti tes tulis dan wawancara di Kedutaan Rusia di Jakarta."Akhirnya saya lolos untuk mendapatkan beasiswa di universitas ternama di Moskow," terangnya.

Orang tua Muhammad Reza, Zainul berharap, setelah berhasil menempuh dunia pendidikan Dirgantara, putranya bisa membantu perekonomian di Indonesia dengan jalur udara. Misalnya dengan menciptakan pesawat komersial yang murah dan dapat memenuhi kebutuhan masyarkat di seluruh penjuru nusantara.
(mpw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak