Kekerasan Etnis di India: Desa-desa Dibakar Menjadi Abu

Selasa, 09 Mei 2023 - 19:07 WIB
loading...
Kekerasan Etnis di India: Desa-desa Dibakar Menjadi Abu
Sebuah bangunan hangus terbakar dalam kerusuhan etnis di India. Foto/France 24
A A A
NEW DELHI - Jalan menuju Heiroklian mulus dan segar, dengan tanda yang memproklamasikannya sebagai bagian dari prakarsa pembangunan pemerintah India. Tetapi kekerasan etnis telah mereduksi desa itu menjadi abu yang membara.

Sanatomba menelusuri reruntuhan rumah saudara perempuannya di negara bagian timur laut Manipur, mencoba menyelamatkan apa pun yang berharga, tetapi hanya dapat menemukan bangku tradisional.

"Dulu ini dapur kakak saya," kata perempuan berusia 20 tahun itu.

"Itu kamarnya dan dia menyimpan TV-nya di sana, lemari es di sana, almirah (lemari) untuk pakaian di sana. Tapi sekarang semua yang dia tinggali bersama suaminya, empat anak dan anggota keluarga lainnya hilang selamanya," ungkapnya seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (9/5/2023).

Lebih dari 50 orang telah tewas di wilayah perbatasan berbukit dalam bentrokan antara mayoritas etnis Meitei, yang sebagian besar beragama Hindu, dan suku Kuki yang sebagian besar beragama Kristen.

Ribuan tentara telah dikerahkan untuk memulihkan ketertiban, sementara sekitar 23.000 penduduk telah meninggalkan rumah mereka demi keamanan ke kamp-kamp ad-hoc yang dikelola tentara untuk para pengungsi.

Saudara Sanatomba ada di antara mereka. Mereka adalah etnis Kuki, dan dia yakin dia dan keluarganya tidak akan pernah bisa kembali.

"Dia menyuruhku datang ke sini dan mencari apa pun yang bisa kutemukan," katanya, tangan dan kakinya berlumuran jelaga hitam.

Desa lainnya mengalami nasib serupa, tiga permukimannya berserakan dengan pintu yang rusak, tangki air yang terbakar, dan batang logam yang dibuka paksa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)