Rekomendasi 6 Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Pertanian

Jum'at, 10 Maret 2023 - 16:02 WIB
loading...
Rekomendasi 6 Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Pertanian
Terdapat sejumlah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian . Beberapa di antaranya kini tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia dibentuk untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara, termasuk program pendidikan.

Baca juga : Rekomendasi 7 Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Perindustrian

Melansir dari laman resminya, berikut enam sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Pertanian:

1. Politeknik Pembangunan Pertanian Medan

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Departemen Pertanian. Kedinasan ini berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Polbangtan Medan telah membuka beberapa program studi diantaranya Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Perkebunan Presisi dan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.

2. Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan Yoma)

Polbangtan Yoma mempunyai 2 jurusan atau program studi yang berada di dua kampus yang berbeda yaitu Yogyakarta dan Magelang.

Untul Polbangtan Yogyakarta mempunyai 3 program studi yakni, Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Prodi Agribisnis Hortikultura dan Prodi Teknologi Benih.

Sementara itu untuk Polbangtan Magelang juga mempunyai 3 program studi diantaranya adalah Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Prodi Teknologi Produksi Ternak dan Prodi Teknologi Pakan Ternak.

3. Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa

Polbangtan Gowa mempunyai program pendidikan yang terbagi menjadi 2 yakni untuk D-III dan D-IV. Untuk program studi masa pendidikan D-III diantaranya ada Prodi Budidaya Tanaman Hortikultura dan Prodi Budidaya Ternak.

Sedangkan untuk D-IV mempunyai program studi Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan dan Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan.

Baca juga : Perbedaan Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dengan Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

4. Politeknik Pembangunan Pertanian Malang

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang merupakan sekolah kedinasan yang berdiri pada tahun 1986. Dalam prakteknya, kedinasan ini mempunyai 2 jurusan yakni, Peternakan dan Pertanian.

Untuk jurusan peternakan mempunyai 2 program studi, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan dan Agribisnis Peternakan. Sedangkan jurusan pertanian mempunyai program studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan.

5. Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

Polbangtan Bogor mempunyai 2 jurusan yakni jurusan pertanian dan peternakan. Dari dua jurusan itu terdapat 5 program studi pilihan diantaranya ada Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Agribisnis Hortikultura, Teknologi Mekanisasi Pertanian, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan serta program studi Kesehatan Hewan.

Dalam penyelenggaraan pembelajaran, kedinasan ini telah memberikan fasilitas pendidikan unggulan seperti Smart Greenhouse dan Teaching Factory.

6. Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari

Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari menjadi salah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Manokwari, Papua Barat. Polbangtan ini memiliki dua jurusan yakni, Peternakan dan pertanian.

Sedangkan untuk jurusan dari sekolah kedinasan ini diantaranya adalah Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan dan Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3514 seconds (0.1#10.140)