PPM School of Management Raih Apresiasi Penerapan SPMI Tertinggi di Indonesia

Rabu, 28 Agustus 2019 - 17:23 WIB
PPM School of Management Raih Apresiasi Penerapan SPMI Tertinggi di Indonesia
PPM School of Management Raih Apresiasi Penerapan SPMI Tertinggi di Indonesia
A A A
DENPASAR - PPM School of Management (SoM) menerima Apresiasi SPMI, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di ISI Denpasar, Selasa (27/8/2019). Hadir sebagai penerima apresiasi dari PPM SoM adalah Ningky Sasanti Munir selaku Dean of PPM School of Management.

Apresiasi SPMI adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Kemenristekdikti untuk institusi perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan SPMI dengan sangat baik. Sejatinya, SPMI merupakan hal wajib bagi seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Penjaminan mutu merupakan salah satu yang diamanatkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, yakni UU no 20 tahun 2003 pasal 51. Dalam undang-undang disebutkan agar pengelolaan perguruan tinggi dapat melaksanakan prinsip-prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu dan evaluasi yang transparan.

Penerima Apresiasi SPMI dipilih secara selektif kepada perguruan tinggi bukan PTN-BH dan terakreditasi peringkat A atau B dari seluruh institusi yang mengisi instrumen daring Pemetaan dan Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal pada laman resmi Kemenristekdikti. Dipilih dari lebih dari 2.200 Sekolah Tinggi di Indonesia. Kemudian, dipilih kembali 11 terbaik untuk dilakukan visitasi, sehingga keluar satu nama pemenang apresiasi.

Kelengkapan sistem penjaminan mutu internal sendiri terdiri dari sistem, prosedur, dokumen mutu, yang harus sesuai dengan siklus PPEPP. Dari Sistem Penjaminan Mutu Internal yang baik, menghasilkan akreditasi yang baik. Harapannya adalah bukan sekadar akreditasi yang baik namun membudayakan mutu di perguruan tinggi.

Budaya mutu pendidikan tinggi sendiri didefinisikan sebagai pola pikir, pola sikap dan pola perilaku berdasarkan standar pendidikan tinggi. Untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi menuju tumbuh dan berkembangnya budaya mutu (quality culture).
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3366 seconds (0.1#10.140)