Tahun ini, 5 polisi tewas di Poso

Jum'at, 21 Desember 2012 - 09:37 WIB
Tahun ini, 5 polisi tewas di Poso
Tahun ini, 5 polisi tewas di Poso
A A A
Sindonews.com - Tewasnya tiga anggota brimob dalam penyerangan oleh sekelompok orang bersenjata di Poso, Sulawesi Tengah, menambah daftar jumlah anggota polisi yang gugur dalam menjalankan tugas di tahun 2012 ini.

Sepanjang 2012 ini, anggota polisi yang tewas mencapai lima orang. Sebelumnya, pada 16 oktober 2012, dua orang anggota polisi juga ditemukan tewas setelah sebelumnya hilang di kawasan Dusun Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir.

Berdasarkan pengamatan di lokasi penembakan terhadap sembilan personel anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah, pada Kamis 20 Desember 2012 pagi. Dalam peristiwa penembakan yang dilakukan oleh sekelompok orang bersenjata itu, menyebabkan tiga anggota brimob tewas, sedangkan tiga lainnya terluka.

Dari hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, polisi menemukan selongsong dan proyektil peluru. Bekas tembakan juga nampak pada batang pohon yang berada di tempat tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Markas Kepolisian Resort Poso menyebutkan, para pelaku menembak rombongan patroli oleh personel brimob itu dari arah belakang sesaat setelah rombongan patroli melintas. Para pelaku diduga besar telah menunggu melintasnya rombongan patroli, tiga kilometer dari lokasi tempat penyergapan.

Brigadir Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi selaku Direktur Pengembangan Kemampuan Pada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme menyebut, kelompok Santoso Cs yang melakukan penyerangan terhadap personel brimob di Poso.

Sebelumnya, pada 12 oktober 2012, personel Brimob Polda Sulawesi Tengah dan Brimob Resimen Kelapa Dua di Poso juga terlibat baku tembak dengan sekelompok orang bersenjata api di Gunung Koroncopu, Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara. Seorang pelaku diantaranya berhasil ditangkap, namun para pelaku lainnya berhasil meloloskan diri.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4930 seconds (0.1#10.140)