6 Jurusan Prospektif Buat yang Hobi Menggambar, Karier Cerah Menunggu

Selasa, 25 Juli 2023 - 09:05 WIB
loading...
6 Jurusan Prospektif Buat yang Hobi Menggambar, Karier Cerah Menunggu
Jurusan Arsitektur yang saat ini termasuk salah satu jurusan paling populer di kalangan mahasiswa bisa menjadi jurusan cocok bagi kamu yang hobi menggambar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah ini bisa dipertimbangkan buat kamu yang suka menggambar . Passion, cita-cita, hobi, hingga impian karier merupakan alasan kuat bagi seseorang untuk memilih jurusan kuliah.

Jika kamu memiliki hobi yang sudah ditekuni sejak lama dan ingin mengasahnya lebih dalam, memilih jurusan kuliah yang tepat bisa menjadi kunci kesuksesan.Dan jurusan yang bisa mewujudkan itu ada dalam penjelasan berikut ini. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 jurusan yang cocok buat kamu yang suka menggambar.

Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Hobi Menggambar

1. Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur termasuk salah satu jurusan yang paling banyak diminati dan populer. Passing grade jurusan ini cukup tinggi, sehingga untuk bisa diterima di Jurusan Arsitektur diperlukan usaha keras.

Meskipun jurusan ini seringkali dimasukkan pada Fakultas Teknik, materi perkuliahannya tidak hanya berkaitan dengan teknik, tetapi juga seni dan estetika bangunan. Di bangku perkuliahan, kamu akan dibimbing untuk mempelajari desain serta rancangan konstruksi.

Peluang karier lulusan Jurusan Arsitektur sangat bagus. Lulusan jurusan ini banyak dicari perusahaan properti dan perusahaan konstruksi. Apalagi saat ini tren bisnis properti masih diminati.



Adapun prospek lapangan kerja yang dapat ditempuh adalah sebagai arsitek, manajer arsitektur, perencanaan kota dan wilayah, manajer konstruksi, ahli peta geografi, desainer interior, pengawas konstruksi dan bangunan, dan sebagainya.

2.Jurusan Seni Rupa Murni

Jurusan Seni Rupa Murni atau Fine Arts sangat cocok bagi kamu yang senang menggambar, senang berkreasi, dan bereksperimen dengan karya seni. Pada jurusan ini, dipelajari berbagai macam jenis seni rupa, mulai dari tahap pembuatan hingga pengkajian hasil karya seni.

Untuk memperkuat pengetahuan di bidang seni rupa, diajarkan berbagai macam teori terkait seni rupa, manajemen seni rupa, hingga kritik seni rupa. Tenang, kamu tidak akan terus belajar tentang teori. Pada saat perkuliahan, mahasiswa juga akan menjalani praktik studio, apalagi jurusan ini fokus pada seni lukis dan seni patung.

Prospek karier lulusan Jurusan Seni Rupa Murni sangat luas. Selain bisa mengembangkan hobi menggambar di jurusan ini, kamu juga dapat berkarier sebagai seniman seni lukis. Karier sebagai seniman pahat pun bisa kamu jalani. Selain itu, kamu juga bisa menjadi ilustrator, perancang perhiasan, perancang panggun dan set, kurator seni, seniman kerajinan, desainer produk komersial, dan desainer furnitur.

3.Jurusan Tata Busana

Jurusan Tata Busana (Fashion Design) sangat cocok bagi kamu yang suka menggambar desain pakaian. Jangan sampai bakatmu hanya berakhir pada sketsa-sketsa di kertas gambar dan tidak pernah terealisasi.

Di Jurusan Tata Busana, kamu bisa mewujudkan desain tersebut menjadi sebuah pakaian bernilai jual tinggi. Materi perkuliahan di Jurusan Tata Busana sangat beragam, mulai dari belajar teknik mendesain, membuat pola, menjahit, hingga tahapan produksi. Setelah menyelesaikan materi perkuliahan, mahasiswa akan mengadakan fashion show sebagai tugas akhir.

Profesi lulusan Jurusan Tata Busana bisa sebagai pembuat pola, konsultan fashion, jurnalis fashion, pembuat merchandise visual, perancang perhiasan, fashion stylist, bahkan make up artist. Ingin berwirausaha? Sangat bisa.

4. Jurusan Game dan Animasi

Berkuliah di Jurusan Game dan Animasi tidak hanya membutuhkan kemampuan di bidang IT dan teknologi. Untuk bisa merancang game serta animasi menarik, diperlukan kemampuan menggambar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4299 seconds (0.1#10.140)