Seagate akuisisi Xyratex senilai USD374 juta

Senin, 30 Desember 2013 - 14:02 WIB
Seagate akuisisi Xyratex senilai USD374 juta
Seagate akuisisi Xyratex senilai USD374 juta
A A A
Sindonews.com - Seagate Technology plc mengakuisisi seluruh saham Xyratex Ltd yang beredar dengan transaksi kas senilai USD13,25 per saham, atau total sekitar USD374 juta, termasuk kas tunai pada neraca Xyratex per 31 Agustus 2013 sebesar USD80 juta.

Xyratex berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi perusahaan terkemuka di dunia, yang bergerak dalam bidang peralatan modal untuk melakukan uji hard disk drive (HDD).

Akuisisi bisnis ini akan memperkuat proses manufaktur dan rantai pasokan Seagate, yang terintegrasi secara vertikal, untuk disk drive serta memastikan tidak adanya gangguan dalam ketersediaan peralatan modal.

Selain itu, transaksi ini memperluas portofolio bisnis Seagate dengan menambahkan bisnis Xyratex. Seagate akan memperlakukan Xyratex sebagai entitas bisnis terpisah dan mandiri dan fokus pada peluang meningkatkan bisnis.

"Secara strategis, akuisisi ini sangat penting bagi Seagate untuk melanjutkan fokus memberikan solusi-solusi media penyimpanan terbaik dikelasnya kepada para pelanggan," kata Presiden Operasional dan Teknologi Seagate, Dave Mosley dalam rilisnya, Senin (30/12/2013).

Menurut dia, seiring dengan meningkatnya kapasitas rata-rata per drive hingga multi-terabyte, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan uji pada drive-drive ini meningkat drastis. Karena itu, akses terhadap peralatan uji dengan standar dunia menjadi keuntungan strategis.

"Bagi kami Xyratex adalah mitra penting dan kami sangat antusias untuk mengintegrasikan berbagai kapabilitasnya yang akan merampingkan proses manufaktur dan rantai pasokan pada bisnis utama kami, bisnis HDD," jelasnya.

Atas akuisisi ini, Seagate memperoleh sistem penyimpanan dan bisnis komputasi performa tinggi dari Xyratex. Sehingga pihaknya memiliki kesempatan untuk melayani pelangan dalam menyediakan solusi media penyimpanan yang lebih beragam.

Chief Executive Officer Xyratex, Ernie Sampias mengatakan, Seagate memiliki komitmen yang sama terhadap inovasi. Seagate juga dinilai menjadikan proses uji penting yang harus dilakukan untuk menyediakan solusi media penyimpanan terbaik dengan biaya serendah mungkin.

"Transaksi yang seluruhnya dibayarkan secara tunai oleh Seagate ini, mampu memaksimalkan nilai bagi pemegang saham melalui premi menarik yang ditawarkan dan juga menegaskan nilai-nilai siginifikan yang dihasilkan karyawan kami," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2963 seconds (0.1#10.140)