Pemerintah Harus Pastikan Kualitas Pengajaran di Tengah Corona Berjalan Baik

Rabu, 22 April 2020 - 14:07 WIB
loading...
Pemerintah Harus Pastikan Kualitas Pengajaran di Tengah Corona Berjalan Baik
Ketua Perkumpulan Kader Bangsa, Dimas Oky Nugroho. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pegiat anak muda dan kewirausahaan sosial Dimas Oky Nugroho mengatakan, saat wabah virus Corona atau Covid-19 ini terjadi, salah satu sektor yang harus menjadi perhatian utama pemerintah adalah masalah pendidikan.

"Negara, termasuk para wakil rakyat, harus lebih memperhatikan kualitas pengajaran di semua lapisan masyarakat, terutama lapisan masyarakat bawah di berbagai daerah," kata Dimas Oky saat diskusi online 'Problem Sosial di Masa Corona' di media sosial, Rabu (22/4/2020).

"Pembatasan sosial harus, penggunaan masker dan aspek kesehatan lain adalah utama di masa Covid-19 ini. Stimulus ekonomi dan memastikan kondisi ekonomi juga sangat penting," sambungnya.

(Baca juga: Sistem Belajar Online Butuh Evaluasi)

Ketua Perkumpulan Kader Bangsa ini menjelaskan, semua yang berkepentingan harus memastikan agar kualitas dan kelancaran proses pendidikan anak-anak murid yang terpaksa belajar dari rumah juga harus dipastikan tetap berlangsung baik, meski harus berlangsung online.

Dimas menilai, hal ini penting karena tak semua anak murid dan guru sekolah memiliki perangkat komunikasi cerdas dan akses internet yang baik di berbagai daerah secara merata.

Menurutnya tak semua keluarga tentunya memiliki akses dan fasilitas yang cukup untuk melaksanakan belajar-mengajar secara daring seperti ponsel pintar dan laptop. Belum lagi kita ketahui bahwa adanya keterbatasan akses jaringan internet yang tidak merata.

"Pemerintah pusat dan daerah harus punya, sekali lagi wajib punya, inovasi membantu kelancaran dan kemampuan para murid dari masyarakat bawah, termasuk pihak guru, dalam mengakses gadget cerdas dan internet yang baik dan murah selama masa pandemi belajar-mengajar di rumah," ucap Dimas.

Penggagas pelatihan kepemimpinan dan kebangsaan untuk anak-anak muda, Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) ini menyarankan, pemerintah memberikan stimulus bantuan langsung di dunia pendidikan yang tidak kalah penting dari sektor lainnya yang terkena dampak wabah corona.

"Harus ada stimulus melalui satu kebijakan, agar kegiatan belajar mengajar secara daring berjalan baik pada masyarakat menengah ke bawah. Bisa saja, pemerintah menyediakan infrastruktur berupa laptop, ponsel atau tablet yang bisa digunakan masyarakat yang tidak mampu. Hari ini banyak perangkat teknologi yang memiliki operating system yang mudah dan murah," ujar mantan Staf Khusus Kantor Staf Presiden ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)