Harga sapi anjlok hingga Rp500 ribu

Jum'at, 10 Februari 2012 - 16:08 WIB
Harga sapi anjlok hingga Rp500 ribu
Harga sapi anjlok hingga Rp500 ribu
A A A
Sindonews.com - Harga daging sapi di kota besar yang cenderung tinggi, ternyata berbanding terbalik dengan harga indukan sapi di tingkat lokal yang tetap rendah bahkan cenderung menurun.

Walaupun indukan sapi di tingkat peternak melimpah, dari pantauan harga di Pasar Hewan Siyonoharjo, Gunungkidul, Yogyakarta, harga sapi jenis metal yang semula Rp7 juta menurun menjadi Rp6 juta. Harga sapi lokal turun Rp500 ribu, dari harga rata-rata Rp5 juta menjadi Rp4,5 juta.

"Penurunan harga sapi terasa sejak satu bulan terakhir. Harga sapi indukan lokal menurun Rp500 ribu, sementara untuk sapi jenis si metal dan limosin penurunan mencapai Rp1 juta," kata salah seorang pedagang sapi, Heri Siswono, Jumat (10/2/2012).

Dikatakannya penurunan ini dikarenakan petani belum bergairah membeli ternak, sehingga kebutuhan untuk membeli sapi sangat rendah. Sementara pedagang dari luar daerah belum banyak yang datang ke pasar. "Petani masih menunggu, setelah masa panen," ujarnya.

Menurut Heri, dua bulan yang lalu harga sapi di tingkat pedagang tergolong baik. "Dua bulan yang lalu harganya mencapai Rp8 juta, namun berangsur menurun," katanya.

Lesunya penjualan berdampak pada kerugian para pedagang. Pasalnya, stok sapi di pasar melimpah, permintaan menurun. "Ya rugi, kami harus mengeluarkan uang lagi untuk pakan, sementara penjualan lesu," kata Yanto pedagang yang lain.

Dia memprediksi kenaikan harga sapi akan kembali normal setelah petani memasuki musim panen mendatang. "Dua sampai tiga bulan mendatang kemungkinan normal," tukasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3912 seconds (0.1#10.140)