Operasi Pasar Masker Buat Publik Salah Kaprah Soal Pencegahan Corona

Sabtu, 07 Maret 2020 - 18:33 WIB
Operasi Pasar Masker Buat Publik Salah Kaprah Soal Pencegahan Corona
Operasi Pasar Masker Buat Publik Salah Kaprah Soal Pencegahan Corona
A A A
JAKARTA - Sejumlah operasi pasar masker murah yang digelar di pasar-pasar di Jakarta dikritik oleh anggota Komisi IX DPR. Operasi pasar masker murah tersebut justru membuat masyarakat salah kaprah bahwa masker ini penting untuk pencegahan virus Corona (Covid-19). (Baca juga: DPR Sesalkan Harga Masker dan Disinfektan Melambung)

“Tapi kok sekarang ada operasi pasar masker gitu lho. Akhirnya orang mengasosiasikan masker ini dibutuhkan untuk mencegah Corona. Padahal bukan begitu,” kata anggota Komisi IX DPR Intan Fitriana Fauzi saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (7/3/2020). (Baca juga: Pemerintah Diminta Serius Tindak Oknum Penimbun Masker)

Intan menilai, dengan kesalahpahaman publik terhadap penggunaan masker dan disinfektan ini, baik yang sakit maupun yang sehat menjadi berlomba-lomba mendapatkan masker. Padahal, masker dan disinfektan ini hanya salah satu cara, dan intinya adalah hidup dengan bersih dan sehat untuk bisa mencegah virus Corona atau penyakit apapun. (Baca juga: Masker Hilang di Asemka dan Glodok, Warga: Berapa pun Harganya Kita Beli)

“Berarti sosialisasi dan edukasi yang lebih masif. Karena ini belum dibilang wabah di Indonesia, cuma agar tidak membikin khawatir semua stakeholders lah termasuk kami-kami ini yang di DPR kita pada waktunya berperan serta semua lah artinya, tidak ada lagi kebijakan politis atau apapun,” ajak Intan. (Baca juga: Cegah Penimbunan Masker, Pemerintah Diminta Komunikasi dengan Produsen)

Kemudian, politisi PAN ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik akan virus Corona ini. Masyarakat juga harus mau membaca dan mendengar segala informasi terkait ini.

“Ini harus semua masyarakat jangan panik dan harus mau membaca, mendengar. Kemudian pemerintah lebih proaktif, lebih masif dan lebih care kepada masyarakat. Yang penting langkah pemerintah tepat karena mereka harus menyiapkan rumah sakit,” tambah Bendahara PAN itu.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8286 seconds (0.1#10.140)