alexametrics

Zulhas Dinilai Butuh Waktu untuk Galang Seluruh Kekuatan di PAN

loading...
Zulhas Dinilai Butuh Waktu untuk Galang Seluruh Kekuatan di PAN
Tim Pemenangan Zulkifli Hasan dalam Kongres V PAN di Kendari, memastikan, bahwa sebagai Ketum terpilih, Zulhas akan menggalang semua kekuatan di PAN. Foto/SINDO/Eko Purwanto
A+ A-
JAKARTA - Tim Pemenangan Zulkifli Hasan dalam Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kemarin memastikan bahwa sebagai Ketum terpilih, Zulhas akan menggalang semua kekuatan di PAN, termasuk juga dari Amien Rais. Hanya saja, Zulhas membutuhkan waktu untuk menyatukan semuanya.

"Persaingan sebelum kongres atau pas di arena kongres itu hanya sekedar ingin menunjukkan komitmen dukungan ke calon masing-masing. Tetapi, setelah ada hasil siapa yang dimandatkan penuh oleh kongres kemarin saya yakin semua kader akan samina wa atona (satu garis kebijakan) dengan ketua umum terpilih, dalam hal ini Bang Zulkifli Hasan," kata Timses Zulhas, Yandri Susanto saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

(Baca juga: Zulkifli Hasan Disarankan Masukkan Amien Rais dalam Struktur PAN)

Menurut Yandri, Zulhas sudah tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menggalang semua kekuatan di internal PAN, termasuk juga Amien Rais. Dan ini bukan kali pertama Zulhas melakukan rekonsiliasi karena setelah Kongres 2015 pun Zulhas melakukan hal yang sama. Terlebih, Amien Rais dan Zulhas juga memiliki hubungan besan.



"Dari sisi rekonsiliasi dengan beberapa pihak termasuk Pak Amien, dan lain-lain. Bang Zul sudah tahu apa yang harus dilakukan, mesti bagaimana. Dan sekali lagi bang Zul kan sudah pengalaman waktu di Bali begitu kerasnya dengan bang Hatta tetapi bang Zul tetap bisa merajut semua kekuatan yang ada di PAN," ujar Ketua Komisi VIII DPR itu.

Namun demikian, Yandri menuturkan bahwa Zulhas membutuhkan waktu untuk melakukan itu semua. Dan pada dasarnya, Zulhas siap untuk bersatu kembali dan menggalang kekuatan yang ada di PAN, termasuk kepada pihak-pihak yang pada Kongres PAN kemarin berseberangan dengan Zulhas.

"Ya mungkin memang butuh waktu, tidak bisa serta merta 1-2 hari. Tetapi perlu kesabaran, keuletan dan mungkin perlu juga mendengar banyak saran dan masukan dalam menyusun kepengurusan nanti," tutup Yandri.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak