alexametrics

Gali Kreativitas Siswa, Universitas Pancasila Gelar Kontes Robotic

loading...
Gali Kreativitas Siswa, Universitas Pancasila Gelar Kontes Robotic
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila (UP) menggelar Kontes Robot Lengan atau Robotic Arm Competition. Kompetisi. Foto/SINDOnews/r ratna purnama
A+ A-
DEPOK - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila (UP) menggelar Kontes Robot Lengan atau Robotic Arm Competition. Kompetisi yang mengangkat tema Robot its Icon of Future Inteligent Changes ini diikuti 14 tim dari sejumlah sekolah di Jakarta dan sekitarnya.

Dengan memperkenalkan robotic pada generasi muda maka akan membuka wawasan mereka mengenai dunia robotic dan perkembangannya. Terlebih saat ini dunia sudah menerapkan Industri 4.0 sehingga kehadiran robotic sangatlah penting dalam indutri. “Dengan lomba ini diharapkan kreativitas teman-teman di SMA yang hobi dunia robotic bisa berkembang,” kata Ketua Panitia Robot ARM Competition, Irham Hatami, Kamis (13/2/2020).

Kontes Robotic Arm Competition yang diikuti siswa tingkat SMU/SMK dan MA ini merupakan wadah dalam mengenalkan dan mencari bakat kreatif dan inovatif dalam perkembangan teknologi robot, agar para siswa dapat menjadi pelaku – pelaku industri 4.0 dan sebagai penerus masa depan bangsa.



“Kontes lomba robot yang dilombakan adalah robot bekerja sama untuk memisahkan balok berdasarkan warna, siswa dituntut akan kreativitas dan inovasi dalam membuat suatu strategi pemrograman,” paparnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro, Rafi Rahmat menambahkan, lomba ini merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya yakni, Workshop serta pengenalan kepada siswa dan masyarakat umum pada pameran pendidikan Indonesia International Education Training & Scholarship Expo 2020 dan kunjungan ke sekolah tingkat SMU/SMK dan MA untuk menyosialisasikan tentang robot.

“Tujuan dari lomba ini untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan kreativitas siswa SMA di dunia Teknologi Informasi khususnya di Bidang Robotik. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan kepekaan siswa SMA dalam pengembangan bidang teknologi robotik dan mempersiapkan para generasi muda untuk menghadapi era industri 4.0,” katanya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak