alexametrics

Jawab Pertanyaan Menjebak dengan Baik, Agus Ambo Djiwa Dapat Aplaus

loading...
Jawab Pertanyaan Menjebak dengan Baik, Agus Ambo Djiwa Dapat Aplaus
Bupati Pasang Kayu, Agus Ambo Djiwa mengikuti sidang doktoral Pasca Sarjana Universitas Brawijaya (UB) Malang. Foto/SINDOphoto/isra triansyah
A+ A-
MALANG - Sidang doktoral Pasca Sarjana Universitas Brawijaya (UB) Malang, dihadapi Bupati Pasang Kayu, Agus Ambo Djiwa dengan penuh ketenangan, meskipun harus menghadapi banyak pertanyaan jebakan dari dosen penguji. (Baca juga: Ujian Doktoral, Agus Ambo Djiwa Paparkan Pembangunan Berkelanjutan di Pasangkayu)

Salah satu pertanyaan jebakan itu datang dari ahli komunikasi, Effendi Gazali. Guru besar ilmu komunikasi ini, mengetahui Agus Ambo Djiwa seorang politisi, dan disertasinya mengangkat tema lingkungan, yakni implementasi Perda Kabupaten Mamuju Utara No. 1/2014 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). (Baca juga: Bupati Pasang Kayu Raih Gelar Doktor Lingkungan Universitas Brawijaya)

"Kalau bapak menyikapi penataan kembali Monas (Monumen Nasional) di Jakarta, seperti apa? Saya lihat ini site plan di Pasang Kayu, mirip Monas," ujar Effendi Gazali, yang langsung disambut tawa para hadirin.
Jawab Pertanyaan Menjebak dengan Baik, Agus Ambo Djiwa Dapat Aplaus

Menghadapi pertanyaan menjebak, Agus Ambo Djiwa tetap tenang dalam memberikan jawaban. Menurutnya, pembangunan harus selaras alam, jangan sampai merusak ekosistem yang sudah ada. (Baca juga: Bupati Pasang Kayu Raih Doktor, Seskab: Bisa Jadi Contoh Kepala Daerah Lainnya)

"Penataan ulang untuk memperindah, meningkatkan fungsi ruang sosial, dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat memang harus dilakukan. Tetapi bisa tetap diselaraskan dengan alam," ujar Agus penuh keyakinan.



Dia menyebutkan, penataan dan pembangunan bisa disiasati agar tidak sampai menebang pohon. Seperti menambah bangunan di bawah tanah, sehingga pohon di permukaan tanah tidak sampai rusak akibat penataan ulang dan penambahan bangunan. Jawaban cerdas sang bupati pun, membuat para hadirin bertepuk tangan.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak