alexametrics

42 Politeknik se-Indonesia Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN

loading...
42 Politeknik se-Indonesia Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN
Sebanyak 42 politeknik negeri se-Indonesia resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2020. Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A+ A-
DEPOK - Sebanyak 42 politeknik negeri se-Indonesia resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2020.

Jalur seleksi ini merupakan salah satu jalur yang pesertanya meningkat dari tahun ke tahun dan diminati oleh siswa SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta.

Awalnya, jalur ini dikenal dengan sebutan Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN). Namun sejak tahun 2020 disepakati mengganti istilah menjadi SNMPN.



"Per tahun ini istilah PMDK-PN diubah menjadi SNMPN. Namun mekanisme dan proses seleksi tetap sama seperti PMDK-PN. Pendaftarannya juga online," kata Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik se-Indonesia, Zainal Arief, Kamis (9/1/2020).

Jalur SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politeknik pertania (politani) negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di sekolah lanjutan tingkat atas. "Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut," paparnya.

Pendaftaran calon siswa melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya sepeser pun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga menampung calon siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

"Kami ingin membantu pemerintah dengan memberikan akses yang luas agar siswa-siswa berprestasi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," ungkapnya.

Untuk mendaftar, sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah. Kemudian sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya.

"Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line. Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 6 Maret 2020 mendatang dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini," tambahnya.

Di tempat yang sama, Direktur Politeknik Negeri Jakarta, Abdillah menambahkan terdapat ratusan program studi yang tersebar pada 42 politeknik negeri di Indonesia yang dapat dipilih oleh siswa melalui seleksi ini.

Dengan demikian kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi telah terbuka lebar. Jalur ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. "Jangan hanya mengandalkan jalur seleksi PTN Akademisi saja, jalur seleksi PTN Vokasi seperti SNMPN juga dapat dipertimbangkan. Ke depan, selepas seleksi ini, Politeknik se-Indonesia masih membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis yaitu Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020," katanya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak