alexametrics

Ini Nama-nama Calon Menteri yang Sudah Dipanggil Jokowi ke Istana

loading...
Ini Nama-nama Calon Menteri yang Sudah Dipanggil Jokowi ke Istana
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (depan) saat menghadiri undangan Presiden Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). Foto/SINDOnews/Dita Angga
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai memanggil nama-nama calon menteri kabinet di periode kedua pemerintahannya. Rencananya Jokowi akan memanggil sejumlah nama yang dianggap layak dan kompeten menduduki posisi menteri pada Senin-Selasa (21-22/10). Selanjutnya melantik para menteri pada Rabu (23/10/2019).

Sejauh ini sudah ada 10 nama yang dipanggil ke Istana dan bertemu Jokowi untuk mendapatkan tawaran posisi calon menteri. Namun, dari 10 nama yang dipanggil Jokowi ke istana, hanya beberapa yang bersedia membocorkan posisi menteri yang ditawarkan. Sementara, sisanya belum bersedia membocorkan akan ditempatkan pada kementerian apa?

Kesepuluh nama yang dipanggil Jokowi adalah, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Founder Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama Net Mediatama Televisi Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional yang juga founder dan chairman PT Mahaka Group, Erick Thohir, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.



Selanjutnya, Komisaris Utara PT Adhi Karya Persero Tbk. Fadjroel Rahman, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019, Pratikno, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Edhy Prabowo, dan peneliti Populi Center, Nico Harjanto. Satu lagi Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu. Namun, Bupati Minahasa Selatan disebut-sebut bukan calon menteri.

Tidak hanya mereka, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga tampak hadir ke istana negara sekitar pukul 12.10 WIB. Kapolri tiba bersama sejumlah pejabat kepolisian lain seperti Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dan Koorspripim Kapolri, Kombes Ferdy Sambo.

Pihak Istana Kepresidenan, Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin membenarkan, nama-nama tersebut bertemu langsung dengan Presiden Jokowi pada Senin (21/10).

Sementara itu, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau lebih dikenal dengan nama Tetty Paruntu yang tampak datang ke Istana Kepresidenan, bukan calon menteri. "Karena tidak bertemu dengan presiden jadi bukan (calon menteri)," kata Bey, Senin (21/10/2019).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai layak menjabat menteri pertahanan (Menhan) kabinet Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin. Pasalnya, Prabowo Subianto memiliki latar belakang militer.

Bahkan, Prabowo mendapatkan izin langsung dari presiden terkait posisi apa yang akan ditempatinya. “Saya, beliau izinkan untuk menyampaikan bahwa saya diminta beliau di bidang pertahanan,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019).

Dia mengatakan dirinya telah menerima beberapa pengarahan terkait posisinya tersebut. “Tadi beliau memberi beberapa pengarahan. Saya akan bekerja serius untuk mencapai sasaran-sasaran yang dibutuhkan,” ungkapnya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak