Sinergi Komunitas Penting untuk Wujudkan Pendidikan Berkualitas

Selasa, 02 Juli 2019 - 07:01 WIB
Sinergi Komunitas Penting untuk Wujudkan Pendidikan Berkualitas
Sinergi Komunitas Penting untuk Wujudkan Pendidikan Berkualitas
A A A
JAKARTA - Fokus dalam memperhatikan dunia pendidikan tidak bisa hanya dilakukan dengan sejumlah teori yang didasarkan pada materi-materi di dalam mata pelajaran. Perlu adanya praktik dan kreatifitas untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang baik secara teori maupun praktik.

Atas fenomena inilah, dalam Rembuk Komunitas Pendidikan Jakarta pada Mei lalu yang dihadiri oleh 17 Komunitas, kini KKPJ (Kolaboraksi Komunitas Pendidikan Jakarta) melakukan kerja nyata dengan membuat 2 agenda bersama yaitu Festival Pelajar Kreatif.

"Kegiatan ini diadakan di SMP 102 Jakarta Timur (26-27/6) diisi dengan pengenalan dan lomba mengenai literasi dengan pengisi FLP (Forum Lingkar Pena) bersama penulis Irfan Ramdhani," kata Koordinator Kegitan, Triwahyu, Selasa (2/7/2019).

Kata dia, selain konten literasi, acara tersebut juga diisi dengan sharing mengenai kesehatan reproduksi yang diampu oleh komunitas peduli kesehatan reproduksi khusus remaja, Youthizen.

"Agenda kedua KKPJ adalah Festival Liburan Ceria yang diadakan di RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) di Cipinang Besar Utara (30/6). Acara tersebut diisi dengan lomba mewarnai dan mengambar untuk usia 6-9 tahun," ucapnya.

"Talkshow parenting yang diisi oleh Komunitas Imajinasi dan Literasi Anak, Sharing tentang kerelawanan dalam komunitas bersama Komunitas Ayo Mengajar, FLP Jakarta, Komunitas Yayasan Rumah Kita, Forum Anak Jatinegara," sambungnya.

Dijelaskan Triwahyu, acara ini bertujuan untuk menciptakan hari libur yang produktif dan juga kreatif bagi anak dan juga orang tua di Jakarta khususnya di masyarakat Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur.

Menurutnya, sinergi antarkomunitas menjadi penting untuk menjadi jawaban atas permasalahan pendidikan yang terjadi di Jakarta. "Selain itu komunitas ini bukan sebagai pesaing atau lawan dalam bidang tersebut, namun sebagai rekan yang dapat membantu pengembangan pendidikan di Jakarta," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut mengeluarkan deklarasi kolaborAKSI di RPTRA Cibesut, Jakarta.

Adapun isi dari deklarasi tersebut yakni, Pertama, siap untuk berkolaborasi dan beraksi dengan segenap potensi yang kami miliki. Kedua, berkontribusi meningkatkan pendidikan yang berkualitas, berkarakter dan berakhlak mulia.

Ketiga, berkontribusi menumbuhkembangkan kreatifitas dan generasi muda melalui pembinaan berkelanjutan sehingga mampu berdaya. Keempat, siap bersaing dengan pemerintah dan segenap elemen pendidikan. Kelima, berpartisipasi memajukan pendidikan formal dan nonformal bagi seluruh warga Jakarta.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3864 seconds (0.1#10.140)