alexametrics

IPB dan Gojek Kerja Sama Kembangkan Kuliah Lintas Negara

loading...
IPB dan Gojek Kerja Sama Kembangkan Kuliah Lintas Negara
IPB dan Gojek menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi bisnis. Foto/KORAN SINDO/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Wacana Gojek University semakin terwujud dengan terjalinnya kerja sama antara Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Gojek.

Keduanya sepakat menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi bisnis.

Penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi IPB, Dodik Ridho Nurrochmat dan Director Gojek, Monica Lynn Mulyanto diharapkan akan tumbuh kuliah bersama dengan sistem online.



"Melalui kerja sama ini mahasiswa IPB dapat kuliah bareng lintas negara di dunia. Bisa dengan Universitas Boston, Universitas Harvard, Universitas Oxford dalam sebulan. Saat ini kuliah-kuliah bareng tersebut secara online bukan hal sulit, saya ingin ke depan setiap bulannya masing-masing fakultas dan departemen melakukan kuliah bareng tersebut," tutur Dodik.

Dengan adanya kuliah bareng atau kuliah paralel yang digelar secara online ini, mahasiswa dapat merasakan atmosfer perkuliahan di luar negeri. Mahasiswa bisa merasakan style Jepang, Eropa, Jerman serta negara lainnya dan sebaliknya, mahasiswa asing juga bisa merasakan style perkuliahan di IPB.

"Dengan menggandeng Gojek, saya rasa hal ini bisa diwujudkan. Saat ini Korea sudah memiliki teknologi Saw Wave yang bisa dimanfaatkan Gojek. Korea sudah tidak menggunakan wifi lagi melainkan spot area. Kita sedang berusaha bisa kerja sama dengan Korea terkait hal ini," tuturnya.

Sementara itu, Director Gojek, Monica Lynn Mulyanto mengatakan, saat ini Gojek sedang membangun impian yakni membuat Universitas Gojek. Langkah awalnya adalah menjalin kerja sama untuk mendapatkan kualitas edukasi yang lebih baik.

"Di Gojek sendiri saat ini banyak lulusan IPB, mereka banyak berkiprah di bidang statistik dan analitik. Bidang ini sangat bermanfaat di semua bidang," katanya.Dia memprediksi tahun 2030 akan banyak sumber daya manusia yang memiliki talenta dengan keterampilan tinggi. "Kami antusias sekali dengan jalinan kerja sama ini. Kami ingin membantu membangun talenta muda dengan inovasi-inovasi yang dapat memberikan dampak kepada masyarakat," sambungnya.
Salah satu lulusan IPB yang berkiprah di Gojek adalah Leo Wibisono. Pria yang pernah menjadi mahasiswa berprestasi peringkat I nasional ini kini menjabat sebagai District Head Gojek Bali dan Nusa Tenggara.

Dalam paparannya, Leo menyampaikan potensi dunia digital masih sangat besar. Leo juga menjelaskan bagaimana cara menjadi seorang sociopreneur yang mengubah secara fundamental cara orang menjalankan bisnis yang awalnya opportunity base ke problem base.

"Cara bertarung untuk masa depan adalah dengan berpikir what are the next big thing," ucapnya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak