Merayu Orang Tua untuk Setuju dengan Pilihanmu

Sabtu, 06 April 2019 - 12:58 WIB
Merayu Orang Tua untuk Setuju dengan Pilihanmu
Merayu Orang Tua untuk Setuju dengan Pilihanmu
A A A
GENSINDO mewawancarai beberapa mahasiswa yang sudah berpengalaman dalam meyakinkan orang tua untuk menyetujui pilihan jurusan yang kurang disetujui orang tua mereka. Ini tips dari mereka.

Ceritakan Detail Jurusan
Ceritakan tentang hal-hal yang dipelajari dalam jurusan tersebut, termasuk kelebihan-kelebihannya, seperti kegiatan positif yang bisa dilakukan dalam jurusan tersebut, serta prospek karier masa depan. Tunjukkan bahwa pilihan jurusan itu adalah yang terbaik untuk dirimu dan bisa menjadi penunjang untuk membahagiakan kedua orang tuamu kelak.

Tunjukkan Bakatmu
Misalnya, kamu sudah bisa membuat karya yang berhubungan dengan jurusan tersebut. Buktikan kamu masuk jurusan itu bukan sekadar ikut-ikutan atau gaya-gayaan, melainkan memang berbakat dalam bidang tersebut.

Menjanjikan Hal-Hal yang Membanggakan
Buatlah harapan untuk menjadi yang terbaik dari jurusanmu itu. Misalnya bisa berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik, tidak akan sering bolos, atau lebih hebat lagi kalau kamu bisa membiayai kuliah dengan uang sendiri.

Komunikasikan dengan Baik
Berbicara sopan dengan nada rendah adalah yang terpenting. Meski pilihan itu sering bertolak belakang, tetaplah lemah lembut, sopan, dan santai jika berbicara di hadapan orang tua.

INDRIYANI
GEN SINDO-UIN Jakarta
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7516 seconds (0.1#10.140)