Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Lontarkan Abu Setinggi 1.500 Meter

Rabu, 24 April 2024 - 17:49 WIB
loading...
Gunung Ibu di Maluku Utara Erupsi, Lontarkan Abu Setinggi 1.500 Meter
PVMBG menyatakan Gunung Ibu di Maluku Utara mengalami erupsi pada Rabu (24/4/2024) pukul 14.58 WIT. Foto/PVMBG
A A A
BANDUNG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, Gunung Ibu yang berada di Maluku Utara mengalami erupsi , Rabu (24/4/2024) pukul 14.58 WIT.

PVMBG mengatakan, tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.500 meter di atas puncak atau 2.825 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," ucap PVMBG dalam keterangan resminya.



Atas peristiwa ini, PVMBG menetapkan status Gunung Dukono berada pada Level II atau waspada. PVMBG menyebut, dampak erupsi Gunung Ibu ini terjadi pemadaman listrik di wilayah sekitar.

PVMBG mengeluarkan lima rekomendasi bagi masyarakat dan pemerintah daerah (Pemda) atas peristiwa ini, di antaranya:

1. Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).



3. Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat agar selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah.

4. Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Ibu di Gam Ici untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas Gunung Ibu.

5. Masyarakat, instansi pemerintah, maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Ibu melalui aplikasi android Magma Indonesia, website Magma Indonesia, dan media sosial PVMBG.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5937 seconds (0.1#10.140)