Daftar Kecelakaan Helikopter Paling Mematikan Sedekade Terakhir

Rabu, 24 April 2024 - 15:30 WIB
loading...
Daftar Kecelakaan Helikopter Paling Mematikan Sedekade Terakhir
Dua helikopter Malaysia bertabrakan dan menewaskan 10 orang. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Kecelakaan Helikopter yang terjadi di Malaysia pada 23 April 2024, kini tengah jadi sorotan banyak pihak. Kecelakaan antara dua helikopter angkatan laut Malaysia itu menewaskan sepuluh awak yang ada di dalamnya.

Dilansir dari Reuters, insiden itu terjadi di pangkalan angkatan laut Lumut di wilayah Perak barat pada pukul 9.32 pagi. Musibah ini terjadi ketika kedua helikopter tersebut sedang berlatih untuk parade merayakan ulang tahun ke-90 Angkatan Laut.

Kecelakaan di Malaysia ini lantas menambah daftar panjang kecelakaan helikopter yang terjadi selama sepuluh tahun terakhir.

Dalam sepuluh tahun ini, telah banyak kecelakaan helikopter yang mencuri perhatian. Seperti kasus meninggalnya ketua Leicester City FC, bintang basket Kobe Bryant, hingga milyarder Prancis.

Kecelakaan Helikopter Mematikan Sedekade Terakhir

1. Kecelakaan Helikopter Tahun 2014

- 13 Maret : AgustaWestland AW139 G-LBAL dari Haughey Air jatuh tak lama setelah lepas landas dari Gillingham, Norfolk, menewaskan empat orang di dalamnya.

- 12 November : Mil Mi-24 Armenia ditembak jatuh di dekat desa Gəngərli, Aghdam, Republik Nagorno-Karabakh, menewaskan ketiga awaknya.

2. Kecelakaan Helikopter Tahun 2015

- 9 Maret : Dua Eurocopter AS350B3 Ecureuils LQ-CGK dan LQ-FJQ bertabrakan di udara, menewaskan sepuluh orang di dalamnya.

- 10 Maret : Sikorsky UH-60 Black Hawk Angkatan Darat Amerika Serikat jatuh di lepas pantai Florida Panhandle selama latihan, menewaskan sebelas orang di dalamnya.

- 8 Mei : Mi-17 Angkatan Darat Pakistan jatuh di dekat daerah Naltar di Gilgit di Gilgit-Baltistan, menewaskan duta besar Norwegia dan Filipina serta istri duta besar Malaysia dan Indonesia. Dua pilot Angkatan Darat, Mayor Al-Tamash dan Mayor Faisal, juga tewas. Duta Besar Polandia dan Belanda terluka.

- 4 Agustus : Helikopter UH-60 Black Hawk jatuh di barat laut Kolombia, menewaskan 16 dari 18 orang di dalamnya.

- 21 November : Helikopter Eurocopter AS350D Astar jatuh di Fox Glacier di Pulau Selatan Selandia Baru, menewaskan tujuh orang di dalamnya.

3. Kecelakaan Helikopter Tahun 2016

- 14 Januari : Dua helikopter Korps Marinir AS CH53E bertabrakan di lepas pantai Oahu, Hawaii, menewaskan 12 penumpang di dalamnya.

- 29 April : Eurocopter EC225 Layanan Helikopter CHC jatuh di dekat Turoy, Norwegia. Ketiga belas orang di dalamnya tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)