alexametrics

Indonesia Siap All-out di Festival Janadriyah

loading...
Indonesia Siap All-out di Festival Janadriyah
Indonesia Siap All-out di Festival Janadriyah. (Istimewa).
A+ A-
RIYADH - Indonesia mendapat keistimewaan sebagai Tamu Kehormatan dari Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz dalam Festival Janadriyah, Festival Budaya dan Warisan (Heritage) terbesar di Timur Tengah.

Hal ini disampaikan Alwi Shihab, Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Timur Tengah dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mewakili Pemerintah Indonesia dalam Konferensi Pers Bersama dengan Kementerian Garda Nasional (National Guard) Arab Saudi di Riyadh, Minggu (16/12). Alwi Shihab hadir bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Sementara dari pihak Arab Saudi hadir Pangeran Khalid Bin Abdulaziz bin Ayyaf Al Muqrin, Menteri Garda Nasional Kerajaan Arab Saudi.

“Indonesia akan menampilkan yang terbaik dan all-out dalam Festival Janadriyah yang berlangsung selama 21 hari. Indonesia akan mempertontonkan berbagai pertunjukan budaya tradisional dan film Indonesia di panggung kesenian festival.



Sementara di paviliun Indonesia, pengunjung dapat menikmati kekayaan budaya Indonesia dari berbagai provinsi, serta dokumentasi hubungan bilateral Indonesia-Arab Saudi,” tutur Alwi.

Pemerintah Arab Saudi juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia, khususnya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh dan berbagai instansi terkait di Indonesia, yang telah mempersiapkan partisipasi dalam Janadriyah dengan baik.

“Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Indonesia sebagai Tamu Kehormatan yang telah bekerja sama dengan baik untuk menyukseskan acara ini,” ungkap Pangeran Khalid.

The 33 Cultural and Heritage Festival ini merupakan festival tahunan berskala nasional yang diselenggarakan di Desa Janadriyah, Riyadh. Festival ini mempertemukan antara kekaya an warisan budaya Kerajaan Arab Saudi di masa lalu serta capaian dan kemajuan saat ini. Dalam festival tersebut ditampil kan paviliun budaya seluruh provinsi di Arab Saudi serta capaian kemajuan berbagai instansi pemerintah.

Arab Saudi juga mengundang negara sahabat untuk berpartisipasi dalam pameran, terutama negara yang dipandang mempunyai kebudayaan yang tinggi. “Bagi Pemerintah Indonesia, partisipasi sebagai Guest of Honor adalah sebuah kebanggaan, mengingat hal ini merupakan kesempatan mahal yang ditunggu-tunggu oleh banyak negara. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan bilateral Indonesia-Arab Saudi berada dalam masa keemasan. Dengan semangat ëSaunesiaí Indonesia akan menampilkan yang terbaik,” ujar Agus Maftuh.

Dalam konferensi pers tersebut, Agus Maftuh juga menarasikan sebuah syair yang diubah khusus tentang Festival Janadriyah yang merupakan bentuk nyata dari sebuah dialog antarbudaya dan peradaban.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak