Terikat dengan Perjanjian Rahasia dengan Zionis, Arab Saudi dan UEA Berikan Informasi Intelijen ke Israel sebelum Serangan Iran

Rabu, 17 April 2024 - 16:09 WIB
loading...
Terikat dengan Perjanjian Rahasia dengan Zionis, Arab Saudi dan UEA Berikan Informasi Intelijen ke Israel sebelum Serangan Iran
Serangan 300 drone dan rudal Iran gagal karena Arab Saudi membocorkan informasi intelijen ke Israel. Foto/Reuters
A A A
TEL AVIV - Beberapa negara Teluk, di antaranya Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), menyampaikan informasi intelijen tentang rencana Iran untuk menyerang Israel. Baik Riyadh dan Abu Dhabi juga memberikan informasi penting yang merupakan kunci keberhasilan langkah-langkah pertahanan udara yang hampir seluruhnya menggagalkan serangan besar-besaran tersebut.

Hal tersebut dilaporkan Wall Street Journal mengutip pejabat Saudi, AS, dan Mesir. Kerja sama ini dipelopori oleh AS, yang selama bertahun-tahun berupaya membentuk kemitraan militer informal untuk melawan ancaman dari Iran. Itu menunjukkan bahwa Saudi dan Israel memiliki perjanjian rahasia terkait berbagai informasi intelijen.

Iran meluncurkan ratusan rudal balistik dan jelajah bersama ratusan drone ke Israel. Namun Pasukan Pertahanan Israel, yang didukung oleh AS dan sekutu lainnya, dapat memastikan bahwa sekitar 99% ancaman yang masuk telah berhasil diredam, dan segelintir ancaman yang berhasil berhasil diredam hanya menyebabkan kerusakan kecil.

Meskipun sudah diketahui bahwa Yordania secara aktif berpartisipasi dalam penembakan pesawat tak berawak yang menuju Israel melalui wilayah udaranya, laporan WSJ untuk pertama kalinya mengungkapkan ruang lingkup kegiatan bersama yang mencakup negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. .

Laporan tersebut mengutip para pejabat yang mengatakan bahwa keberhasilan dalam menghentikan begitu banyak drone dan rudal disebabkan oleh negara-negara Arab yang telah menyampaikan informasi intelijen mengenai rencana Iran, serta memungkinkan penggunaan wilayah udara mereka dan menyediakan pelacakan radar. Dalam beberapa kasus, militer Arab mengambil peran aktif dalam mencegat ancaman dan “menyediakan pasukan mereka sendiri untuk membantu”, kata laporan tersebut, yang menunjukkan bahwa Yordania bukan satu-satunya negara Arab yang melakukan hal tersebut.

Peran penuh yang dimainkan oleh Arab Saudi dan “pemerintahan penting Arab lainnya” masih dirahasiakan.

Teheran telah bersumpah untuk membalas dendam tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam, termasuk dua jenderal, yang tewas dalam dugaan serangan udara Israel terhadap sebuah gedung dekat kedutaan Iran di Damaskus pada tanggal 1 April.

Setelah serangan tanggal 1 April dan ancaman balasan dari Iran, para pejabat AS mulai mendesak pemerintah negara-negara Arab untuk memberikan informasi intelijen mengenai rencana balas dendam Iran dan meminta bantuan untuk mencegat serangan tersebut, kata para pejabat Saudi dan Mesir kepada Journal.

Awalnya, beberapa negara Arab ragu-ragu karena khawatir bahwa dengan membantu Israel mereka akan terlibat konflik langsung dengan Iran atau menghadapi pembalasan. Selain itu, beberapa pihak merasa khawatir karena dianggap membantu Israel di tengah perang melawan Hamas di Jalur Gaza, yang dimulai dengan serangan kelompok teror Palestina terhadap Israel, dan yang telah menjadi pendorong meningkatnya ketegangan regional.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)