Serangan Iran, Belén Fernández: Israel Adalah Mitra Kejahatan AS

Selasa, 16 April 2024 - 19:37 WIB
loading...
Serangan Iran, Belén Fernández: Israel Adalah Mitra Kejahatan AS
Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel diluncurkan untuk mencegat rudal yang ditembakkan dari Iran, di Israel tengah pada 14 April 2024. Foto: AL Jazeera
A A A
Kolomnis Al Jazeera,Belén Fernández, mengrikit keras negara Barat yang tidak logis mengkritik Iran karena menyerang Israel . Menurutnya, karena peran Israel yang sangat besar sebagai mitra kejahatan Amerika Serikat memberikan hak untuk melakukan subversi total terhadap logika, pelaku genosida menjadi korban dan agresi Israel yang tidak tanggung-tanggung menjadi “pertahanan diri”.

"Belum lagi serangan Israel tanggal 1 April terhadap konsulat Iran di Damaskus; itu hanya pembalasan terlebih dahulu, kan?" katanya dalamartikelnya berjudul "Sorry, but Iran is not the aggressor here" yang dilansir al Jazeera 14 April 2024.

Belén adalah penulis buku Inside Siglo XXI: Locked Up in Mexico’s Largest Immigration Center (OR Books, 2022),Checkpoint Zipolite: Quarantine in a Small Place (OR Books, 2021), Exile: Rejecting America and Finding the World (OR Books, 2019), Martyrs Never Die: Travels through South Lebanon (Warscapes, 2016), dan The Imperial Messenger: Thomas Friedman at Work (Verso, 2011).



Pada hari Sabtu, 13 April, Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal ke Israel sebagai pembalasan atas serangan mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah , yang terjadi pada 1 April.

Sebagian besar proyektil tersebut dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel, dengan bantuan dari militer Amerika Serikat. Kerusakan yang terjadi sangat kecil.

Setelah menyelesaikan tindakan pembalasannya, Iran menyatakan bahwa masalah tersebut dapat “dianggap selesai” – meskipun Israel biasanya tidak membiarkan orang lain mengambil keputusan akhir.

Sementara itu, rentetan kritik terhadap “agresi” Teheran terus berlanjut di negara-negara Barat.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengutuk “dengan kerasnya serangan sembrono rezim Iran terhadap Israel”, yang menurutnya sekali lagi menunjukkan bahwa Iran “berniat menabur kekacauan di wilayahnya sendiri”.

Kementerian Luar Negeri Ceko menyesalkan bahwa “perilaku agresif Iran dalam jangka panjang menghalangi kawasan Timur Tengah untuk hidup damai dan aman”.

Sementara itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengeluhkan “pengabaian Iran terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan”, dan melontarkan slogan lama tentang “hak Israel untuk mempertahankan diri”.



Duta Besar Jerman untuk Israel Steffen Seibert melalui media sosial menyatakan solidaritas Jerman “dengan semua warga Israel malam ini yang diteror Iran dengan serangan kejam yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Terakhir, Presiden AS Joe Biden, yang terpaksa mempersingkat akhir pekannya di pantai karena perkembangan tersebut, mengumumkan: “Komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangat kuat.”

Ingat, kata Belén Fernández, serangan Iran terjadi kurang lebih enam bulan setelah penghancuran Jalur Gaza oleh Israel, yang telah menewaskan hampir 34.000 warga Palestina, termasuk sekitar 13.800 anak-anak. Namun mengingat ribuan orang hilang diperkirakan terkubur di bawah reruntuhan, jumlah yang mengerikan ini pun tidak diragukan lagi merupakan angka yang terlalu rendah.

Lebih dari 76.000 orang terluka, ketika militer Israel sibuk meratakan seluruh lingkungan dan meledakkan sekolah, rumah sakit, dan infrastruktur dasar lainnya, sambil mengutuk penduduk wilayah tersebut dengan kelaparan.

Belén Fernández mengatakan memang benar, genosida tidak lain adalah “perilaku agresif jangka panjang” – meminjam kata-kata Kementerian Luar Negeri Ceko. "Jika hal ini tidak begitu keji, maka akan sangat menggelikan untuk mengklaim bahwa Iran adalah pihak yang berniat menabur kekacauan dan mengabaikan perdamaian dan stabilitas di kawasan,” ujarnya.



Belén Fernández mengingat pembantaian yang terus berlanjut di Gaza, tanggapan Barat terhadap pencegatan rudal dan drone Iran sangatlah sinis.

Klaim Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak yang menyedihkan bahwa “tidak seorang pun ingin melihat lebih banyak pertumpahan darah” gagal menjelaskan kenyataan bahwa, selama itu adalah darah orang Palestina, semuanya baik-baik saja.

Sayangnya, kata Belén Fernández, tontonan Iran mungkin memberi pemerintahan Biden apa yang dibutuhkan untuk mengalihkan fokus dari Gaza – dan khususnya keterlibatan AS dalam genosida. Bagaimanapun, ini akan menjadi hari yang menyedihkan bagi industri senjata jika AS harus berhenti mengirimkan begitu banyak senjata kepada klien aktifnya.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)