alexametrics

Dukung Jokowi, TKBM Minta Perhatikan Kesejahteraan Buruh Pelabuhan

loading...
Dukung Jokowi, TKBM Minta Perhatikan Kesejahteraan Buruh Pelabuhan
Puluhan pekerja dari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok deklarasi mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Foto/SINDOnews/Saiful Munir
A+ A-
JAKARTA - Puluhan pekerja dari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Deklarasi digelar di Cafe Kopi Politik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2018).



Ketua Koperasi TKBM, Suparman mengatakan, keberpihakan Jokowi terhadap buruh pelabuhan ternyata bukan omong kosong. Dia mengatakan, deklarasi ini sebagai bentuk ucapan terima kasih dan dukungan agar capres nomor urut 01 ini kembali menang pada 2019.

"Itulah yang membuat suara kami bulat untuk mendukung Bapak Jokowi dua periode," kata Suparman.

Suparman menjelaskan, TKBM adalah koperasi beranggotakan 2.400 orang. Menurut Suparman, ini satu-satunya badan usaha yang menjadi wadah pengelola TKBM yang anggotanya sudah mendapat registrasi dari otoritas pelabuhan, Pelindo.

Selain ribuan anggota TKBM, ada juga 700 anggota dispensasi yang telah bulat mendukung Jokowi. Suparman mengatakan, deklarasi hingga sosialisasi telah dilakukan diusun-rusan buruh TKBM.

"Target kami sekitar 10 ribu suara. Kan mereka juga mendorong keluarganya serta para tetangga," kata Suparman.

Dia menambahkan, dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf merupakan kesepakatan bersama yang diambil melalui mekanisme musyawarah anggota.

Salah satu alasan yang muncul di kalangan pekerja, Jokowi dianggap berhasil meningkatnya produktivitas di pelabuhan dengan sistem dwelling time.

"Sekarang ini dwelling time makin cepat, kalau dulunya 4-6 hari, sekarang bisa sampai 2-3 hari," ujar Suparman.

Suparman berharap, pemerintah lewat otoritas pelabuhan lebih memperhatikan para buruh pelabuhan.

"Kami melihat secara realistis program kerja Bapak Jokowi sangat nyata. Kami tidak ingin janji-janji tapi bukti nyata, ini sudah diberikan oleh Bapak Jokowi selama kepimpinannya. Jangan kemudian program yang sudah berjalan tidak didukung," kata Suparman.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak